Korea Utara Buat Smartphone 'Samtaesong 8' Mirip Samsung, Simak Disini

- 14 Juli 2023, 18:51 WIB
Kim Jong Un
Kim Jong Un /editornews.id/

EDITORNEWS.ID - Baru-baru ini Korea Utara (Korut) membuat inovasi smartphone yang mirip dengan Samsung Galaxy buatan Korea Selatan (Korsel). HP baru itu dinamai 'Samtaesong 8' yang baru-baru ini ditampilkan di Korean Central Television milik pemerintah Korut.

Samtaesong 8 muncul pertama kali dalam sebuah tayangan untuk mempromosikan penggunaan smartphone yang tepat dan aman.

Mengutip Koreaherald, menurut kamus Korea Utara, "samtaesong" berarti "tiga bintang terang". Nama itu mengacu pada pendiri Korea Utara Kim Il-sung, istrinya Kim Jong-suk dan putranya Kim Jong-il.

Samtaesong 8 menampilkan desain eksterior yang mirip dengan smartphone yang diproduksi Samsung Electronics Korsel atau Huawei di China. HP ini memiliki kamera ganda di belakang dan satu di depan.

Baca Juga: Midlaner ECHO Beberkan Novaria Roam Ampuh di Emblem Kali Ini

HP Samsung KW ini menjadi pendatang baru dari model smartphone Korut yang sudah lebih dulu ada seperti Pyongyang Touch dan Arirang. Belum dipastikan apakah Samtaesong 8 diproduksi di Korut atau diimpor dari China.

Sebab, ponsel di Korut tidak memiliki akses internet bebas. Masyarakat hanya bisa mengakses internet pemerintah Korut via kartu SIM.

Sementara itu, dalam sebuah foto yang dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea yang dikelola negara pada Rabu, 13 Juli 2023, pemimpin Korut Kim Jong-un terlihat menggunakan ponsel lipat yang mirip dengan Samsung Galaxy atau Huawei.

Sekitar 6,5 juta hingga 7 juta warga Korut diperkirakan memiliki akses ke jaringan seluler, menurut laporan tahun 2022 oleh wadah pemikir nirlaba Stimson Center.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x