Elon Musk dan Investor Qatar Kemungkinan Gagal Mengakuisisi Klub Manchester United

- 17 Februari 2023, 23:51 WIB
Stadion ikonik Manchester United, Old Trafford,
Stadion ikonik Manchester United, Old Trafford, /

EDITORNEWS.ID – Persaingan antar miliarder dunia dalam mengakuisisi klub Manchester United kini kian seru. Pasalnya tinggal beberapa jam lagi batas waktu yang diberikan keluarga Glazer akan berakhir.

Kelurga Glazer (pemilik Manchester United) mematok harga di kisaran 8 miliar poundstreling, berdasarkan dari Sky Sport. Namun penawaran yang diajukan keluarga Glazer dinilai terlalu besar, milarder Inggris dan pemilik perusahaan kimia INEOS hanya mematok sebesar 4 miliar poundsterling.

Saat ini Manchester United membukan penawaran 5 miliar poundsterling yang disanggupi oleh investor Qatar. Para peminat diminta menyerahkan jumlah tawaran dan bukti dana pada hari ini. Raine Group, bank investasi yang ditugaskan menjalankan proses tersebut, kemudian akan membuat daftar pilihan.

 Pada pekan lalu Elon Musk menyatakan keinginannya membeli klub Liga Inggris tersebut. Namun kini tidak terlihat pergerakannya, kemungkinan Elon Musk akan mundur untuk mengakuisisi setan merah. Pasalnya ia tidak berfokus pada bidang olahraga. 

Baca Juga: Bantai Timnas Fiji, Laga Garuda Muda Diwarnai Dua Kartu Merah

Sedangkan kemungkinan Manchester United dimiliki investor Qatar tidak akan terwujud. Pasalnya badan pengatur sepak bola eropaa (UEFA) melarang dua klub dengan pemilik yang sama mengambil bagian dalam Liga Champions Eropa. Investor Qatar sudah memiliki saham di klub Prancis Paris Saint-Germain.

Diperkirakan kesepakatan untuk mengakuisisi Manchester United akan melebihi Toed Boehly ketika mengakuisisi klub Chelsea. Pemilik Chealsea tersebut membeli dari miliarder Rusia Roman Abramovich sebesar 5,2 miliar poundsterling, termasuk utang dan investasi klub.

“Bagi calon pembeli, klub sepak bola seperti Manchester United dianggap sebagai aset trofi yang didorong oleh persepsi eksklusivitas. Alasannya mirip dengan harga yang dibayarkan untuk sebuah lukisan," kata Andy Currie, mitra pengelola Inggris di perusahaan jasa keuangan Alantra.

Manchester United adalah klub sepak bola terkaya keempat di dunia, menurut analisis Deloitte. Tottenham yang belum pernah menjuarai Premier League menempati urutan kesembilan.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x