Kemenkes Minta Masyarakat Segera Vaksin Booster Covid-19 Dosis 2

- 26 Januari 2023, 20:59 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin (Foto: Humas Setkab)
Menkes Budi Gunadi Sadikin (Foto: Humas Setkab) /

EDITORNEWS.ID – Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan secara resmi memulai program vaksinasi booster Covid-19 dosis 2. Vaksin Covid-19 dosis keempat ini diberikan secara gratis mulai Selasa (24/1).

Sasaran vaksinasi ini adalah masyarakat yang sudah berusia 18 tahun ke atas. Kemenkes pun meminta masyarakat untuk segera datangi fasilitas kesehatan (faskes) terdekat untuk mendapatkan vaksin booster dosis kedua ini.

"Bagi masyarakat yang sudah mendapatkan tiket, segera datang ke faskes atau pos vaksinasi terdekat di daerah masing-masing,” ujar Jubir Covid-19 Kemenkes Muhammad Syahril.

Pemberian booster dosis kedua ini dilakukan sebagai upaya percepatan vaksinasi untuk meningkatkan antibodi dan memperpanjang perlindungan bagi masyarakat, yang tetap beraktivitas di tengah pandemi Covid-19. Hal ini sesuai dengan Imendagri Nomor 53 Tahun 2022 Tentang Pencegahan dan pengendalian Covid-19 pada masa transisi Menuju Endemi.

Baca Juga: Happy Seollal ! V BTS Pakai Kaos Pink Pemberian ARMY saat 'Live' di Weverse, Langsung Tuai Pujian

"Dengan demikian, target minimal 70 persen masyarakat sudah mendapat dosis primer lengkap dan minimal 50 persen masyarakat sudah mendapat vaksinasi dosis booster dapat segera tercapai,” ujar Syahril

Sama seperti vaksin Covid-19 primer (dosis 1 dan 2), vaksin booster ini diungkap Ahli Epidemiolog UI, Pandu Riano bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan (antibodi) seseorang dalam melawan virus penyebab infeksi Covid-19. Bahkan antibodi seseorang bisa meningkat dua kali lipat, dibandingkan yang hanya melakukan vaksinasi dosis satu dan dua.

"Bagi yang dibooster jauh lebih tinggi dua kali dari orang-orang yang sudah dosis primer pertama dan kedua. Supaya lonjakan pertahanan tubuh kita bisa diandalkaan, itulah kenapa booster penting," terang kata Pandu dalam Seminar Publik Dukung Vaksinasi Booster, Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku di Jakarta, beberapa waktu lalu.***

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x