Hari Raya Imlek Jatuh Pada Hari Ini, Pastikan Tidak Melewatkan Hal Ini

- 22 Januari 2023, 08:58 WIB
Tahun Shio Kelinci Air
Tahun Shio Kelinci Air /

EDITORNEWS.ID - Tepat pada hari ini 22 Januari 2023 merupakan Tahun baru Imlek 2023, Pada malam sebelum tahun baru imlek biasanya identik dengan melakukan beberapa hal seperti membersihkan rumah, dekorasi rumah, berkumpul bersama keluarga hingga makan besar.

Berikut hal-hal yang biasanya tidak dilewatkan dan tradisi dalam merayakan imlek :

1. Dekorasi dan Membersihkan Tempat Tinggal
Hari-hari sebelum merayakan perayaan imlek, biasanya mereka yang merayakan imlek melakukan kegiatan bersih-bersih rumah, bersihkan sudut rumah hingga mengecat rumah.

Membuat rumah menjadi meriah khas imlek dengan dekorasi dan pernak perniknya mewakili harapan baik. Menggunakan warna merah yang dianggap sebagai simbol simbol keberuntungan dan membawa kemakmuran di Tahun Kelinci Air ini.

2. Kuliner khas Imlek
Tradisi Imlek tidak bisa lepas dari berbagai makanan khas identik dengan imlek yang wajib disajikan selama memperingati perayaan imlek selama 15 hari. Mulai dari jeruk, kue lapis, kue keranjang, ikan dan mie panjang yang dianggap sebagai keberuntungan, kesejahteraan, hubungan yang erat dan umur panjang. 

Baca Juga: Nama Wulan Guritno Sempat Disebut Dalam Sidang Ferdy Sambo

3. Memakai Baju Baru
Membersihkan rumah dan mendekorasi rumah sudah hingga menyiapkan dan menyajikan hidangan juga sudah, maka yang terakhir yang harus kamu lakukan adalah memakai baju baru.
Menunjang penampilan kamu pada hari Imlek kali ini kamu bisa menggunakan dress, perpaduan atasan dengan rok atau celana, gaun, kemeja, polo shirt, batik.

Pilihan ide baju ini untuk kamu perempuan dan laki-laki yang akan kamu pakai saat kumpul dengan keluarga besar juga berfoto membagikannya di media sosial.
Kamu juga bisa tampil seragam bareng keluarga dengan memakai family outfit dengan warna terang yang senada hingga menggenakan pakaian tradisional seperti cheongsam, changsan.

4. Angpao Merah Kelinci Air
Amplop merah yang disebut Angpao atau dalam bahasa Mandarin disebut hong bao. Angpao merah itu berisi uang yang biasanya diberikan ke anak-anak atau orang dewasa yang belum menikah. Jadi kalau kamu sudah menghasilkan uang kamu bisa memberi angpao kepada mereka yang lebih muda. 

Tiap pergantian tahun imlek memiliki pergantian shio, berdasarkan kalender China, Perayaan Tahun Baru China tahun ini merupakan shio Kelinci Air dimulai 22 Januari 2023.***

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x