Tidak Ada Pembatasan Usia, Kuota Haji 2023 Sebanyak 221 Ribu

- 9 Januari 2023, 00:16 WIB
Indonesia mendapatkan kuota haji tahun 2023 sebanyaak 221.000 jamaah.
Indonesia mendapatkan kuota haji tahun 2023 sebanyaak 221.000 jamaah. /Kemenag/

EDITORNEWS.ID – Indonesia dan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah menandatangani kesepakatan penyelenggaraan ibadah haji 1444 H/2023 M. Kesepakatan tersebut ditandatangani oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas bersama Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah di Jeddah.

Dalam kesempatan itu, Menag juga menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk Yang Mulia Raja Salman dan Pangeran Muhammad Bin Salman. Selama ini, Indonesia dan Arab Saudi menjalin hubungan yang sangat erat.

"Alhamdulillah misi haji 2023 dimulai. Saya hari ini menandatangani kesepakatan haji dengan Menteri Haji Saudi. Kuota haji Indonesia tahun ini sebesar 221.000 jamaah," ujar Menag di Jeddah, Minggu (8/1).

Kuota tersebut terbagi menjadi haji regular dan haji khusus. Tak cuma itu, Kemenag juga turut mengumumkan jumlah petugas haji.

Baca Juga: Skema Pesangon, Aturan PHK hingga Uang Lembur di Perppu Cipta Kerja

"Kuota itu terdiri atas 203.320 jamaah haji reguler, dan 17.680 jemaah haji khusus. Adapun untuk petugas, tahun ini kita mendapat 4.200 kuota," sambungnya.

Selain tentang kuota, kesepakatan ini juga mengatur tentang pendaratan pesawat di Jeddah dan Madinah. Terdapat pula beberapa kebijakan terbaru terkait pelayanan ibadah haji.

Menag mengatakan, dalam pembicaraan dengan Menteri Haji Saudi disepakati juga tidak adanya pembatasan usia. Sebagaimana diketahui, karena pandemi, pemerintah Arab Saudi membatasi usia jamaah haji. Saat itu, Saudi menerapkan syarat usia jemaah haji 2022 di bawah 65 tahun.

"Sesuai kesepakatan, tahun ini sudah tidak ada pembatasan usia jamaah haji," tegas Menag. "Artinya, jamaah 65 tahun ke atas juga dapat berangkat haji tahun ini," lanjutnya.

Baca Juga: Aturan Baru, Nanti Beli BBM Konsumen Dilarang Pindah-Pindah SPBU

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x