Ferdy Sambo Tak Bisa Dimintai Tanggung Jawab soal Pembunuhan Brigadir J, Ini Kata Ahli Hukum

- 3 Januari 2023, 23:40 WIB
Ferdy Sambo.
Ferdy Sambo. /PMJ News

EDITORNEWS.ID - Ahli hukum sebut terdakwa Ferdy Sambo tak bisa dimintai pertanggungjawaban pidana. Hal ini terkait salah intepretasi Bharada E alias Richard Eliezer dalam melakukan perintah.

Seperti diketahui Ferdy Sambo menjadi dalang dalam kasus dugaan pembunuhan Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat. Ia merupakan orang yang memerintahkan Bharada E untuk menghabisi Brigadir J.

Ahli Hukum Pidana dari Universitas Hasanudin, Said Karim mengutarakan pandangannya di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (3/1).

Awalnya, pengacara Bharada E awalnya meminta pendapat ahli hukum pidana tersebut tentang adanya kesalahan persepsi hingga miss interpretasi diantara penganjur dan orang yang diberikan anjuran dalam situasi dugaan pembunuhan.

Baca Juga: Begini Aturan Baru Masuk Mall dan Perjalanan Seusai PPKM Dihapus

Pengacara mencontohkan, si penganjur itu menganjurkan untuk menghajar, tapi orang yang diberikan anjuran itu justru menembak.

"Misalnya yang dianjurkan adalah 'hajar' tetapi yang dilakukan adalah menembak sehingga mengakibatkan matinya seseorang, mohon saudara ahli jelaskan?" tanya pengacara Sambo di sidang Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi.

Said mengatakan, bila dalam suatu situasi penganjur menganjurkan untuk melakukan sesuatu perbuatan, seperti memukul, tapi ternyata orang yang disuruh itu memiliki senjata api, dia lantas tidak memukulnya, tapi malah langsung menembak. Biasanya, orang yang berkualifikasi bisa menambak pula pada bagian kakinya, bukan pada daerah mematikan.

Namun, kata dia, ternyata orang yang diberikan anjuran itu justru menembak langsung pada bagian yang sangat berbahaya bagi kehidupan umat manusia, seperti daerah perut atau jantung dan sasaran mematikan lainnya. Hal itu merupakan termasuk dalam pelaku peserta atau orang yang menerima anjuran melakukan anjuran dengan apa yang tak dianjurkannya.

Baca Juga: Viral Penggerebekan Oknum Guru Selingkuh dengan Kepala Desa di Hotel

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x