Viral Video Diduga Hakim Wahyu Curhat Kasus Sambo, DPR Minta Hakim Tidak Comel

- 7 Januari 2023, 12:13 WIB
ahmad sahroni tanggi perampokan rumah dinas Wali Kota Blitas Santoso.
ahmad sahroni tanggi perampokan rumah dinas Wali Kota Blitas Santoso. /

EDITORNEWS.ID - Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni meminta hakim menjunjung tinggi kerahasiaan kasus. Hal ini terkait video viral Wahyu Imam Santoso, Ketua Majelis Hakim kasus pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat.

Seperti diketahui sebuah video beredar diduga Hakim Wahyu curhat soal kasus Ferdy Sambo kepada seorang wanita. Namun, wanita yang menjadi teman diskusi diduga Hakim Wahyu ini masih misterius.

“Hakim dilarang membuka kepada siapa pun, apalagi ini ke orang yang ‘gatal’ bergosip. Jangan comberan aja, sebagai hakim harus independen,” kata Sahroni.

Menurut dia, video yang beredar diduga Hakim Wahyu itu sungguh mencoreng nama baik institusi kehakiman. Bahkan, kata dia, hal tersebut sangat membahayakan marwah hukum di Indonesia jika memang benar yang dalam video itu Hakim Wahyu.

Baca Juga: Viral Sejoli Mesum di KRL, KAI Ambil Tindakan

“Hal ini jelas sangat memalukan, mencoreng nama baik institusi kehakiman, dan membahayakan marwah hukum Indonesia. Apapun isinya, apapun yang berkaitan dengan kasus yang sedang ditangani, hakim dilarang membuka kepada siapa pun,” ujar Bendahara Umum Partai NasDem ini.

Oleh karena itu, Sahroni meminta kepada Komisi Yudisial (KY) dan Mahkamah Agung (MA) segera bergerak untuk menindaklanjuti video yang beredar diduga Hakim Wahyu curhat soal kasus Ferdy Sambo kepada seorang wanita. Tentu, kata dia, tetap menjaga independensi hakim yang sedang menangani perkara tersebut.

“Ini harus diinvestigasi, ditindak, dan diambil keputusan yang tepat. Apakah teguran, penggantian, atau sanksi. KY harus mengusut video tersebut sesegera mungkin,” ujar dia.

Diketahui, beredar video diduga Hakim Wahyu Imam Santoso, Ketua Majelis Hakim kasus pembunuhan Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J sedang curhat dengan seorang wanita. Dalam video itu, diduga Hakim Wahyu cerita soal kasus yang ditanganinya dengan terdakwa Ferdy Sambo kepada seorang wanita.

Baca Juga: Beredar Video Diduga Hakim Wahyu Imam Santoso dengan Temannya Perempuan Bahas Ferdy Sambo

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x