Mantan Sekjen PBB Berkunjung dan Temui Pemimpin Junta Militer Myanmar

- 25 April 2023, 08:41 WIB
Mantan Sekjen PBB Ban Ki-Moon
Mantan Sekjen PBB Ban Ki-Moon /editornews.id/

 

EDITORNEWS.ID – Mantan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Ban Ki- moon melakukan kunjungan ke Myanmar untuk bertemu penguasa militer Myanmar pada Senin untuk membahasa perdamaian, menurut laporan media setempat, NP News.

Ban melakukan kunjungan mendadak ke ibukota Myanmar Naypyitaw pada Minggu untuk bertemu dengan pemimpin junta militer Min Aung Hlaing.

Dalam kunjungannya tersebut, Ban melakukan pembicaraan mengenai situasi terkini di Myanmar dan berbicara secara terbuka dan positif, menurut laporan NP News.

"Mereka bertukar pandangan mengenai situasi terkini di Myanmar dan berbicara secara terbuka dan positif," kata juru bicara junta Zaw Min Tun dilansir dari NP News.

Baca Juga: Korut Kecam Pertemuan DK PBB guna Membahas Rudal Balistiknya

Ban melakukan kunjungan ke Myanmar di tengah situasi krisis yang melanda negara tersebut sejak militer menggulingkan pemerintahan terpilih dengan pimpinan Aung San Suu Kyi pada Februari 2021.

Menurut seorang mantan diplomat yang bekerja bersama Ban menyebutkan bahwa lawatan tersebut sudah direncanakan sejak lama dan sempat tertunda beberapa kali.

Dia menambahkan Ban juga meminta untuk membebaskan Suu Kyi yang ditangkap sejak kudeta dan menjalani hukuman 33 tahun penjara karena berbagai pelanggaran.

Namun, mantan diplomat tersebut menyatakan pertemuan Ban dengan Suu Kyi tidak mungkin dilakukan.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x