Presiden Korea Selatan Rombak Kabinet, Pasca Kelalaian Berita Undangan BLACKPINK di Gala Dinner di Istana Kepr

- 11 April 2023, 12:53 WIB
Presiden Korea Selatan, Yoon Suk Yeol
Presiden Korea Selatan, Yoon Suk Yeol /editornews.id/

EDITORNEWS.ID - Presiden Korea Selatan (Korsel), Yoon Suk Yeol,  merombak jajaran kabinet pemerintahannya, terutama pada jajaran Kementerian Luar Negeri dan posisi diplomatik penting di Amerika Serikat (AS).

Perombakan dilakukan setelah Penasihat Keamanan Nasional, Kim Sung Han, mundur secara mengejutkan pada akhir Maret lalu pasca miskomunikasi berita undangan Gala Dinner BLACKPINK di Istan Kepresidenan AS.

Juru bicara kantor kepresidenan Korea Selatan,  Lee Do Woon, pada Selasa (11/4),  mengumumkan bahwa Yoon telah menunjuk Duta Besar Korsel untuk Rusia Chang Ho Jin untuk menempati jabatan baru sebagai Wakil Menteri Luar Negeri (Menlu) pada Jumat 7 April 2023 lalu.

Sementara Wakil Menlu Korsel saat ini, Cho Hyun Dong, menurut kantor kepresidenan Korsel, telah dicalonkan oleh Yoon untuk menjadi Duta Besar Korsel untuk AS yang baru.

Baca Juga: WHO Minta China Berikan Informasi Asal Usul Covid-19

Jabatan Duta Besar Korsel untuk AS diketahui kosong setelah Cho Tae Yong ditunjuk oleh Yoon untuk menjabat sebagai Penasihat Keamanan Nasional menggantikan Kim Sung Han yang mengundurkan diri.

Pengunduran diri mengejutkan Kim Sung Han pada akhir Maret lalu, di tengah dugaan kelalaian dan kesalahpahaman terkait rencana kunjungan kenegaraan Yoon ke AS akhir bulan ini.

Berbagai spekulasi pun mencuat soal alasan di balik pengunduran diri Kim Sung Han yang mengejutkan banyak pihak di Korsel itu. Terlebih, pengunduran diri itu dilakukan kurang dari sebulan sebelum pertemuan penting digelar oleh Yoon dan Presiden AS Joe Biden di Washington DC.

Alasan yang paling banyak dikutip, adalah Kim Sung Han sempat mengabaikan tawaran AS untuk mengundang girl group K-Pop ternama BLACKPINK untuk tampil dalam jamuan makan malam kenegaraan yang rencananya akan digelar Biden saat Yoon berkunjung ke Washington DC akhir bulan ini.

Kim Sung Han dilaporkan gagal untuk menyampaika unndnagan  Washington itu secara tepat waktu kepada Yoon, yang berdampak pada potensi penundaan dalam persiapan kunjungan kenegaraan ke AS yang dijadwalkan pada 26 April mendatang.***

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x