Indonesia Sebagai Macan Asia Akan Memperlihatkan Taringnya Sebagai Ketua ASEAN

- 30 Maret 2023, 08:28 WIB
Bahwa ASEAN di bawah kepemimpinan Indonesia akan mencapai terobosan besar
Bahwa ASEAN di bawah kepemimpinan Indonesia akan mencapai terobosan besar /

EDITORNEWS.ID - Menjelang KTT Pemimpin ASEAN di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, yang akan berlangsung pada 9-11 Mei 2023 semakin dekat, wajar jika mengharapkan Presiden Jokowi sebagai ketua tahun ini untuk berbagi dengan publik Indonesia dan orang-orang di seluruh Asia Tenggara.

Kemajuan yang telah dicapainya sejak Januari, terutama sehubungan dengan permasalah di Myanmar yang kunjung padam. Ketua ASEAN telah bersumpah untuk tidak membiarkan junta Myanmar menyandera ASEAN dan tujuan mulianya.

Harapan berlimpah di antara komunitas global dan rakyat Myanmar, termasuk minoritas Rohingya yang teraniaya, bahwa ASEAN di bawah kepemimpinan Indonesia akan mencapai terobosan besar dalam upayanya untuk menghentikan militer yang haus kekuasaan menindas rakyat. Namun sejauh ini, Jokowi belum memberikan sinyal.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah menugaskan tim yang kuat, yang terdiri dari diplomat senior dan berkinerja terbaik untuk mengelola Kantor Utusan Khusus untuk Myanmar.

Menteri sendiri adalah utusan khusus resmi ASEAN untuk tahun ini. Tim bekerja secara rahasia untuk menghindari kontroversi yang tidak perlu yang dapat menjadi bumerang bagi misi.

Baca Juga: Korea Utara Uji Coba 'Drone Nuklir' dan 'Senjata Rahasia' Tersebut Dapat Menciptakan 'Tsunami Radioaktif'

Namun tetap saja, kementerian harus terus memberi tahu publik tentang apa yang telah dilakukan atau dicapai oleh tim khusus. Kita baru saja melihat langkah-langkah yang telah diambil para menteri luar negeri ASEAN setelah pertemuan mereka di Jakarta bulan lalu.

Cukup mengkhawatirkan juga, Presiden Jokowi belum menyadari niatnya untuk melibatkan unsur Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam misi perdamaian Jokowi, dengan mengungkapkan rencananya untuk menunjuk seorang jenderal Angkatan Darat sebagai utusan khususnya untuk Myanmar.

Langkah ini seperti yang dilakukan oleh pendahulunya Susilo Bambang Yudhoyono, yang juga seorang pensiunan jenderal, yang melakukannya pada tahun 2007.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x