Indonesia Sebagai Macan Asia Mulai Menunjukkan Taringnya di Berbagai Bidang

- 28 Maret 2023, 07:27 WIB
Indonesia mengusulkan pendekatan inklusif
Indonesia mengusulkan pendekatan inklusif /

EDITORNEWS.ID - Diselenggarakan oleh Komisi Ekonomi dan Sosial untuk Asia dan Pasifik (UNESCAP) di Bangkok, Thailand, dari 27 hingga 30 Maret 2023, Forum Asia Pasifik ke-10 Untuk Pembangunan Berkelanjutan mempertemukan pejabat pemerintah dari negara-negara di seluruh dunia untuk membahas isu-isu global yang penting, seperti kemajuan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Perserikatan Bangsa-Bangsa.

"Untuk memastikan pencapaian semua [tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs)] pada tahun 2030, Indonesia mengusulkan pendekatan inklusif, di mana kami mempromosikan kolaborasi antara semua aktor, baik itu nasional maupun non-nasional, serta pemangku kepentingan terkait di tingkat nasional dan subnasional" kata Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi A Halim Iskandar pada Forum Asia Pasifik ke-10 Untuk Pembangunan Berkelanjutan.

Halim Iskandar menyampaikan proposal Indonesia bersama sesama panelis Menteri Perencanaan, Pembangunan, dan Inisiatif Khusus Pakistan Ahsan Iqbal Chaudhary; Menteri Negara Sri Lanka untuk Keuangan, Stabilisasi Ekonomi dan Kebijakan Nasional, Shehan Asanka; dan Direktur Jenderal Perencanaan Kamboja, Pagnathun Theng.

Iskandar menambahkan, "Kami berharap dapat meningkatkan inklusivitas kolaboratif sehingga kami dapat terus maju dengan implementasi SDGs di kawasan Asia-Pasifik".

Ia mengatakan, pembangunan Indonesia sangat penting untuk implementasi SDGs, baik dalam skala nasional maupun subnasional. Di tingkat nasional, Lebih dari setengah indikator telah terpenuhi, dengan hanya 20 persen indikator yang membutuhkan peningkatan fokus.

Baca Juga: Koin Kripto Luna Tercemar Skandal dan Kwon Ditangkap di Montenegro Pekan Lalu

Perlu dicatat bahwa pertumbuhan yang signifikan telah dicapai pada tujuan ke-6 dan ke-11, ini adalah akses air dan sanitasi, fasilitas pembersih tangan, transportasi umum yang aman, sumber daya air dan ruang terbuka hijau.

"Kami juga mengalami peningkatan pada tujuan ke-7, ke-9, dan ke-17, terutama di bidang efisiensi energi, industri berkelanjutan, pengurangan emisi karbon dan ekspor produk industri teknologi tinggi, dan ketersediaan data." Lanjut Iskandar.

Selain itu, Tim Koordinasi SDG Nasional Indonesia terus berkolaborasi dengan pemerintah daerah dan pemangku kepentingan terkait dalam mendorong implementasi SDGs.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x