Koin Kripto Luna Tercemar Skandal dan Kwon Ditangkap di Montenegro Pekan Lalu

- 28 Maret 2023, 07:25 WIB
Keruntuhan mendadak tahun lalu dari cryptocurrency yang dulunya meledak
Keruntuhan mendadak tahun lalu dari cryptocurrency yang dulunya meledak /

EDITORNEWS.ID - Sentimen investor kripto Korea tumbuh bahwa Do Kwon - pendiri ekosistem Terra-Luna yang sekarang sudah tidak berfungsi - harus ditahan dan dihukum di Amerika Serikat.

Kwon ditangkap di Montenegro pekan lalu, tetapi kemungkinan pemulangannya ke Korea belum dikonfirmasi, karena otoritas AS dan Singapura juga mengajukan gugatan terhadap pengembang koin Luna yang telah tercemar skandal.

Keruntuhan mendadak tahun lalu dari cryptocurrency yang dulunya meledak, kini telah menimbulkan kerugian besar bagi sekelompok lebih dari 200.000 investor di Korea saja.

Tetapi, rasa kemarahan publik meningkat bahwa Kwon tidak boleh dikirim ke negara asalnya karena reputasi negara untuk hukuman yang relatif lemah untuk kejahatan keuangan.

Baca Juga: Pertarungan Global Makin Sengit: IMF Keluarkan Peringatan Stabilitas Ekonomi Global

Pemungutan suara online baru-baru ini juga menunjukkan bahwa Kwon harus menghadapi hukuman di AS.

Menurut pemungutan suara yang diposting di situs komunitas korban Luna terbesar di negara tersebut dengan lebih dari 2.700 anggota, lebih dari 70 persen ingin Kwon menghadapi penyelidikan dan hukuman di AS. Hanya 15 persen responden yang memilih mendukung pemulangannya ke Korea.

"Kwon harus dihukum di AS terlebih dahulu dan kemudian dikirim ke Korea, karena saya tidak mempercayai keputusan pengadilan Korea," kata seorang investor Luna dalam sebuah posting.

Di Korea, pelanggaran ekonomi menghadapi hukuman penjara maksimum sekitar 40 tahun, tetapi di AS penjahat ekonomi dan keuangan dapat dijatuhi hukuman ratusan tahun penjara.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x