Pertarungan Global Makin Sengit: IMF Keluarkan Peringatan Stabilitas Ekonomi Global

- 28 Maret 2023, 07:23 WIB
Ekonomi global menghadapi tahun yang sulit
Ekonomi global menghadapi tahun yang sulit /

EDITORNEWS.ID - Kenaikan suku bunga untuk memerangi inflasi telah menciptakan "tekanan dan kerentanan," kata kepala dana Kristalina Georgieva

Ekonomi global menghadapi tahun yang sulit, karena dampak dari krisis perbankan baru-baru ini dan pembentukan blok ekonomi saingan yang dipicu oleh konflik Ukraina mengancam untuk merusak stabilitas ekonomi global.

Itu menurut kepala Dana Moneter Internasional (IMF), Kristalina Georgieva, yang berbicara di Forum Pembangunan China di Beijing pada Sabtu, 25 Maret 2023.

Menurut Georgieva, 2023 akan "menantang" dan kemungkinan akan melihat pertumbuhan global melambat hingga di bawah 3 persen "karena bekas luka dari pandemi, perang di Ukraina, dan pengetatan moneter membebani aktivitas ekonomi."

"Ketidakpastian sangat tinggi, termasuk karena risiko fragmentasi geo-ekonomi yang dapat berarti dunia terpecah menjadi blok ekonomi saingan - 'divisi berbahaya' yang akan membuat semua orang lebih miskin dan kurang aman.

Baca Juga: Saham Bank Swiss Jatuh Setelah Ammar Al Khudairy Memperingatkan Pemotongan Dana

Bersama-sama, faktor-faktor ini berarti bahwa prospek ekonomi global dalam jangka menengah kemungkinan akan tetap lemah," dia memperingatkan.

Georgieva juga mencatat bahwa masalah baru-baru ini di sektor perbankan, dari runtuhnya beberapa pemberi pinjaman di AS hingga hampir bangkrutnya bank terbesar kedua di Swiss, Credit Suisse, mengekspos kerentanan dalam sistem keuangan global, yang perlu ditangani seiring berjalannya tahun.

"Risiko terhadap stabilitas keuangan meningkat. Pada saat tingkat utang yang lebih tinggi, transisi cepat dari periode suku bunga rendah yang berkepanjangan ke tingkat yang jauh lebih tinggi – diperlukan untuk melawan inflasi – pasti menghasilkan tekanan dan kerentanan, sebagaimana dibuktikan oleh perkembangan terbaru di sektor perbankan di beberapa negara maju."

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x