Kolaborasi di Jaringan 5G: PT Smartfren Telecom Tbk dan Xingtera Inc Meningkatkan Transformasi Digital

- 29 Maret 2023, 07:47 WIB
Kedua perusahaan menandatangani kesepakatan awal bulan ini
Kedua perusahaan menandatangani kesepakatan awal bulan ini /

EDITORNEWS.ID - Kedua perusahaan menandatangani kesepakatan awal bulan ini, pada Rabu, 1 Maret 2023, untuk membangun kerja sama dan mencapai "industri Indonesia 4.0" dengan menandatangani nota kesepahaman (MoU). Penandatanganan berlangsung di booth Qualcomm dalam Mobile World Congress 2023 di Barcelona, Spanyol.

Xingtera Inc adalah penyedia solusi Artificial Intelligence of things (AIoT) yang berbasis di Amerika Serikat dan akan berperan penting dalam menawarkan solusi IoT Verticals E2E untuk Indonesia dalam waktu dekat.

Perjanjian tersebut menyatakan perusahaan berkomitmen untuk mendukung dan mengembangkan Solusi IoT, aplikasi AI, otomatisasi manufaktur, berdasarkan teknologi Qualcomm 5G, AI dan IoT.

Kemitraan strategis ini akan meningkatkan posisi Smartfren sebagai penyedia solusi Industri 4.0 terkemuka di Indonesia dengan ambisi memanfaatkan teknologi canggih untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas di berbagai sektor industri.

Baca Juga: Komitmen Global Schneider Electric untuk Mempercepat Kemajuan dan Masa Depan Indonesia

"Kolaborasi ini akan fokus pada memperkenalkan teknologi canggih berbasis Qualcomm dan solusi sistem 5G cloud-native End2End Xingtera yang telah terbukti dengan baik dengan tujuan membantu perusahaan manufaktur di Indonesia untuk mempercepat janji transformasi digital dan sekaligus mempercepat jalur menuju Making Indonesia 4.0.," kata Yuqing Niu, presiden dan CEO Xingtera Inc.

Kedua mitra sepakat proyek percontohan tersebut adalah otomatisasi smart-port milik APP OKI Mill milik Sinarmas. Setelah proyek berhasil dilaksanakan, perjanjian tersebut memiliki ketentuan untuk meningkatkan operasi otomatis di pabrik OKI Mill dan memperluas ke lokasi manufaktur serupa lainnya.

Alim Gunadi, CEO Smartfren Business, menyatakan fokus mereka adalah menciptakan teknologi inovatif dalam hal otomatisasi dengan mengembangkan teknologi 5G untuk perusahaan dan usaha kecil menengah (UKM).

Ia menambahkan kolaborasi dan dimulainya proyek OKI Mill APP merupakan langkah awal untuk operasional otomatis, sehingga dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas bagi perusahaan lain.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x