Gempa Dahsyat Guncang Turki, Terasa Hingga Suriah

- 6 Februari 2023, 17:19 WIB
Evakuasi korban guncangan gempa bumi dahsyat yang terjadi di Turki, berdampak ke negara Suriah. Evakuasi dilakukan oleh The White Helmets di Suriah, di unggah di Twitter @SyriaCivilDef.
Evakuasi korban guncangan gempa bumi dahsyat yang terjadi di Turki, berdampak ke negara Suriah. Evakuasi dilakukan oleh The White Helmets di Suriah, di unggah di Twitter @SyriaCivilDef. /

EDITORNEWS.ID - Wilayah Turki selatan, dilanda gempa, pada Senin, 6 Februari 2023, sekitar pukul 4 pagi waktu setempat. Gempa diperkirakan berkekuatan 7,7-7,9 magnitudo. Saking kuatnya, getaran terasa hingga Suriah, Libanon dan sebagian Israel.

Otoritas Penanggulangan Bencana dan Darurat Turki (AFAD) menyebutkan gempa terjadi di dekat Kahramanmaeas dan Kota Gaziantep, yang dekat dengan perbatasan Suriah.

Sementara itu, Pusat Penelitian Geosains Jerman (GFZ) menjelaskan gempa terjadi pada kedalaman 10 km (6 mil). Warga setempat mengatakan banyak bangunan yang rusak parah akibat gempa.

Presiden Erdogan telah menerjunkan tim pencari dan penyelamat untuk mengevakuasi korban di lokasi kejadian.

Baca Juga: Terungkap, Proyek Rumah Sakit Boris Johnson Hanya 10 Dari 40 Yang Memiliki Izin Perencanaan Penuh

Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu mengimbau agar warga tetap waspada akan risiko gempa susulan dan meminta untuk menjauhi reruntuhan bangunan.

Sampai berita ini dirilis, otoritas setempat menyebut total ada 76 orang tewas dan ada lebih dari 400 orang terluka akibat gempa tersebut. Sementara itu, otoritas Suriah mencatat setidaknya ada 50 orang tewas dan ratusan orang lainnya mengalami luka-luka.

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x