Benarkah Kretek-Kretek Leher Menyebabkan Strok?, Begini Penjelasnaya

- 19 Maret 2023, 08:18 WIB
Kretek leher Raffi Ahmad
Kretek leher Raffi Ahmad /Ita Rizki/

EDITORNEWS.ID - Salah satu kebiasaan yang kerap dilakukan sebagian orang, terutama ketika merasa lelah dan pegal, adalah dengan membunyikan badan bagian pinggang dan leher hingga terdengar suara 'kretek'.

Hal ini kerap dilakukan karena diklaim dapat menimbulkan sensasi lega dan supaya terasa lebih ringan dan tidak kaku.

Meski begitu, beberapa orang menyebut jika kebiasaan membunyikan leher ini bisa memicu terjadinya stroke. Benarkah demikian? begini penjelasanya.

Penyakit stroke dapat terjadi akibat adanya gangguan aliran darah menuju otak. Penyebabnya bisa karena penyumbatan arteri, pembuluh darah pecah, atau gangguan sementara aliran darah ke otak. Walau tidak terlihat berhubungan, beberapa orang mengaku mereka menderita stroke akibat terlalu sering membunyikan leher.

Baca Juga: Tantangan Global: Kasus Korupsi Masih Menjadi Permasalahan Global yang Sangat Sulit Diatasi

Dokter pengobatan gawat darurat di RS Pelayanan Kesehatan Kaiser Permanente asal Oakland, California Joe Whittington, membenarkan jika membunyikan leher bisa menyebabkan seseorang terkena stroke.

Ia juga menjelaskan, gerakan tiba-tiba pada leher, termasuk saat dibunyikan hingga terdengar suara 'kretek', dapat menimbulkan cedera pada pembuluh darah arteri di leher.

Kondisi yang membuat seseorang berisiko terkena stroke usai membunyikan lehernya diantaranya yakni, seseorang yang memiliki Riwayat tekanan darah tinggi, ateroklerosis atau penumpulan plak di arteri yang menyebabkan penyempitan Displasia fibromuskular atau kondisi yang menyebabkan ada pertumbuhan di dalam dinding arteri Kondisi genetik tertentu yang memengaruhi jaringan ikat, seperti sindrom Marfan atau sindrom Ehlers-Danlos, vascular, dan Migrain.***

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x