Awas! Doyan Begadang Bisa Bikin Cepat Tua

- 3 Maret 2023, 23:01 WIB
wanita tidur/Pexels
wanita tidur/Pexels /Dwi Widiyastuti/Pixabay

EDITORNEWS.ID – Tidur memegang peranan yang sangat penting untuk kesehatan manusia. Saat tidur, tubuh akan memperbaiki fisik maupun mental, sehingga saat bangun seseorang akan merasa segar dan bertenaga.

Dilansir dari Eat This, tidur adalah komponen penting yang bermanfaat dalam meregulasi hormon, pemulihan otot, pengembangan memori, dan mempertahankan fungsi metabolisme.

Ketika suka begadang dan kurang tidur, maka tubuh akan menunjukkan tanda-tanda penurunan kualitas yang mempengaruhi kesehatan.

Seperti menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga mudah sakit, fungsi kognitif terganggu menjadi gampang lupa, dan regenerasi kulit kurang optimal yang sebabkan kulit kusam.

Baca Juga: Kurang Tidur dan Terlalu Lama Tidur Dapat Mempengaruhi Kesehatan

Selain itu akibat sering begadang, kulit dan wajah akan menjadi lebih kusam dan kering. Rusaknya kolagen di wajah pun bisa menyebabkan munculnya garis-garis atau kerutan di wajah, flek atau bintik-bintik kehitaman di wajah, serta mata bengkak dan muncul lingkaran hitam di sekitar mata (mata panda).

Sering begadang juga menjadikan tubuh terasa lebih lelah dari biasanya. Jika sudah begitu, tubuh akan memicu keluarnya hormon stres karena kelelahan. Jika hormon kortisol sudah diproduksi oleh tubuh, akan muncul sejumlah masalah kesehatan kulit, seperti komedo dan jerawat.***

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x