Kurang Tidur dan Terlalu Lama Tidur Dapat Mempengaruhi Kesehatan

- 2 Maret 2023, 19:11 WIB
Ilustrasi seorang pria tidur
Ilustrasi seorang pria tidur /

EDITORNEWS.ID – Tidur kurang dari enam jam semalam dapat meningkatkan risiko terkena infeksi lebih tinggi dibandingkan tidur dengan waktu yang direkomendasikan. Hal tersebut dibuktikan dengan penelitian.

Dilansir dari Daily Mail, para peneliti bertanya kepada 1.848 orang dalam operasi dokter umum di Norwegia, tentang rata-rata berapa banyak tidur yang mereka dapatkan setiap malam.

Kemudian para peneliti menanyakan apakah pernah menderita infeksi pernafasan seperti pilek atau sakit perut, infeksi saluran kemih (ISK), infeksi kulit atau mata atau jenis infeksi lainnya dalam tiga bulan sebelumnya.

Mereka yang mengatakan tidur kurang dari enam jam semalam, mengalami infeksi lebih besar 27 persen dalam tiga bulan terakhir dibandingkan dengan mereka yang cukup tidur dengan waktu tujuh hingga delapan jam malam yang direkomendasikan.

Baca Juga: China Berikan Cuti Menikah Selama 30 Hari untuk Pengantin Baru, Bagaimana Cuti Menikah di Indonesia?

Penelitian tersebut mungkin terlalu kecil untuk memberikan banyak informasi terkait kejelasan hubungan kurang tidur dengan infeksi tertentu.

Namun kebanyakan menunjukkan hasil bahwa orang yang tidur kurang dari enam jam memiliki kemungkinan 92 persen lebih besar akan menderita sakit perut yang melibatkan muntah atau diare. Sementara mereka yang menderita insomnia, 41 persen lebih mungkin mengalami ISK.

Ada beberapa bukti yang dapat menunjukkan bahwa terlalu sedikit tidur membuat sistem kekebalan tubuh menurun sehingga kurang mampu melawan infeksi. Tetapi diperlukan lebih banyak penelitian sejenis untuk membahasnya lebih dalam.

Studi sebelumnya telah menemukan orang yang terinfeksi virus flu kemungkinan besar akan terkena penyakit flu. Sebab menurunnya kekebalan tubuh karena kurang tidur membuat virus tersebut gagal dilawan oleh sehingga orang akan mudah terjangkit penyakit.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x