BMKG Memperkirakan Adanya Gelombang Tinggi di Beberapa Titik Perairan Indonesia

- 17 Februari 2023, 10:52 WIB
Ilustrasi gelombang tinggi.
Ilustrasi gelombang tinggi. /

EDITORNEWS.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat, khususnya pesisir untuk mewaspadai adanya potensi gelombang tinggi. Diperkirakan gelombang akan naik hingga enam meter di beberapa perairan Indonesia pada 17-18 Februari 2023.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," kata kepala Pusat Meteorologi Maritim, BMKG, Eko Prasetyo dikonfirmasi di Jakarta.

Ia mengemukakan pergerakan arah angin di wilayah Indonesia dapat berpotensi terjadinya gelombang tinggi. Pergerakan angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari barat laut-timur laut dengan kecepatan berkisar 5-25 knot.

Sedangkan pergerakan angin di wilayah selatan Indonesia dominan bergerak dari Barat Daya-Barat Laut dengan kecepatan berkisar 5-25 knot. Menurut BMKG pusat kecepatan angin tertinggi di wilayah Indonesia berada di Laut Natuna Utara.

Baca Juga: Yoona dan Lee Junho Baru Tiba Di Bandara Incheon, Netizen Sebut Mereka Bulan Madu

"Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna Utara, Selat Makasar bagian selatan, dan perairan Kotabaru," jelasnya.

Berdasarkan pergerakan dan kecepatan angina tersebut dapat diperkirakan terjadinya gelombang tinggi yakni 1,25–2,5 meter. Dengan perkiraan terjadi di perairan barat Aceh-Kepulauan Nias, Samudera Hindia Barat Aceh-Lampung, perairan barat Kepulauan Mentawi-Lampung.

Sedangkan wilayah perairan selatan, tinggi gelombang diperkirakan sama yakni 1,25 - 2,5 meter. Berada di wilayah, Kepulauan Anambas - Natuna, Laut Natuna, perairan timur Kepulauan Bintan - Kepulauan Lingga, Laut Jawa, perairan utara Jawa Barat - Jawa Timur, perairan selatan Kalimantan, dan selat Makassar bagian tengah-selatan.

Keadaan serupa juga terjadi di Selat Sape bagian selatan, Selat Sumba bagian barat, perairan Pulau Sawu-Pulau Rotte, Laut Sawu, Teluk Bone, Laut Sulawesi, perairan Kepulauan Sitaro, perairan Bitung, Laut Maluku bagian selatan hingga Samudera Pasifik Papua Barat-Papua.

Baca Juga: Hati-Hati Kalau Ada yang Mengirimi Kamu Deretan Angka Viral Berikut Ini, Auto Kaget Setengah Mati

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x