Presiden Joko Widodo Menyambut Baik Keanggotaan Negara Tetangga Timor-Leste di ASEAN

- 13 Februari 2023, 16:40 WIB
Presiden Jokowi. Saya senang bahwa Timor-Leste pada prinsipnya telah diterima sebagai anggota ASEAN.
Presiden Jokowi. Saya senang bahwa Timor-Leste pada prinsipnya telah diterima sebagai anggota ASEAN. /Aulia Nasri /Pikiran-Rakyat.com

EDITORNEWS.ID - Jokowi mengatakan dalam sebuah pernyataan untuk menyambut kunjungan Perdana Menteri Timor-Leste, Taur Matan Ruak, di Istana Bogor, Jawa Barat, dia senang bahwa negara itu pada prinsipnya telah bergabung dengan pengelompokan regional.

"Saya senang bahwa Timor-Leste pada prinsipnya telah diterima sebagai anggota ASEAN," kata Jokowi. Pada November, ASEAN pada prinsipnya setuju untuk mengakui Timor-Leste sebagai anggota ke-1.

Negara setengah pulau itu juga akan diberikan status pengamat pada pertemuan tingkat tinggi ASEAN, demikian ungkap blok itu setelah para pemimpin regional bertemu di Phnom Penh untuk pertemuan puncak.

Presiden Jose Ramos-Horta telah lama berkampanye untuk keanggotaan ASEAN dan aplikasi pertama kali diajukan pada tahun 2011.

Baca Juga: Pabrik pupuk ini membuat Jokowi terheran-heran karena stop produksi saat petani membutuhkannya

Jokowi juga mengatakan dalam keterangannya bahwa ia berharap Indonesia dan Timor-Leste dapat lebih meningkatkan hubungan ekonomi mereka.

"Dalam kunjungan perdana menteri hari ini, saya berharap kita dapat membahas cara-cara untuk meningkatkan hubungan ekonomi antara kedua negara," kata Jokowi.

Indonesia sejauh ini telah menginvestasikan US$818 juta di Timor-Leste, terutama di bidang energi, perbankan, dan komunikasi.

Perdana menteri Timor-Leste berada di Jakarta untuk kunjungan kenegaraan, setelah kunjungan Ramos-Horta pada Juli 2022.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah