Komunitas Kuansing Lakukan Inisiatif untuk Obati Rindu Festival Pacu Jalur

- 5 Mei 2021, 20:09 WIB
/

EDITORNEWS - Komunitas Kuansing merupakan salah satu komunitas yang fokus pada pengembangan budaya, tradisi dan sejarah di Kabupaten Kuantan Singing, Riau.

Melestarikan tradisi masyarakat Riau, komunitas Kuansing biasanya adakan turnamen pacu jalur untuk mengikat kebersamaan masyarakat.

Dilansir dari antaranews.com, Pacu jalur merupakan salah satu tradisi Kuansing yang pernah dinobatkan sebagai Warisan Budaya tak Benda dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2015 lalu.

Baca Juga: Penghargaan Internasional untuk You and I, Film Dokumenter Karya Anak Bangsa

Pelaksanaan tradisi ini sempat dihentikan karena pemerintah setempat tidak ingin ambil risiko dengan membiarkan orang berkerumun selama pandemi.

Mengingat pentingnya tradisi tersebut, komunitas Kuansing berinisiatif mengadakan turnamen ini secara online.

Inisiatif ini diharapkan bisa menjadi obat rindu bagi masyarakat yang sudah lama tidak bisa beraktifitas normal karena pandemi.

Pacu jalur virtual ini diselenggarakan dengan tema Pacu Jalur Fantasi.

Permainan ini akan diselenggarakan 21 April 2021 dan berakhir 2 Mei 2021, diikuti oleh 88 jalur peserta yang merupakan perwakilan dari 77 desa di Kuansing dan 11 peserta dari inhu.

Pertandingan virtual ini disambut dengan sangat antusias, sebab hadiah yang akan diperoleh berupa piala bergilir dari Dinas Pariwisata Riau.

Halaman:

Editor: Liston

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x