Sidang Perselisihan PHPU Pilpres 2024 Polri Kerahkan 377 Personel Pengamanan

- 27 Maret 2024, 08:00 WIB
Wakil Ketua Tim Pembela Prabowo-Gibran Otto Hasibuan (keempat kanan) bersama jajaran Tim Pembela Prabowo-Gibran memberikan keterangan setelah mendaftarkan diri sebagai pihak terkait dalam gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) ke Mahkamah Konstitusi (MK) di Jakarta, Senin (25/3/2024). Tim Pembela Prabowo-Gibran yang dipimpin oleh Yusril Ihza Mahendra mendaftarkan diri untuk menghadapi gugatan sengketa Pilpres 2024 yang diajukan kubu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-M
Wakil Ketua Tim Pembela Prabowo-Gibran Otto Hasibuan (keempat kanan) bersama jajaran Tim Pembela Prabowo-Gibran memberikan keterangan setelah mendaftarkan diri sebagai pihak terkait dalam gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) ke Mahkamah Konstitusi (MK) di Jakarta, Senin (25/3/2024). Tim Pembela Prabowo-Gibran yang dipimpin oleh Yusril Ihza Mahendra mendaftarkan diri untuk menghadapi gugatan sengketa Pilpres 2024 yang diajukan kubu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-M /AANTARA FOTO/ Erlangga Bregas Prakoso/YU/ANTARA FOTO
EDITORNEWS.ID - Mahkamah Konstitusi (MK) akan melakukan sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Rabu, 27 Maret 2024.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol.Trunoyudo Wisnu Andiko  mengatakan Polri mengerahkan 377 personel untuk mengamankan pelaksanaan persidangan tersebut.

Dikatakan, Trunoyudo, mengerahkan personel agar pelaksanaan sidang berjalan aman dan tertib serta berjalan lancar maupun terhadap hakim yang menyidangkan perkara. 

"Selama sidang terkait pemilu di Mahkamah Konstitusi, Polri memberikan pengamanan khusus terhadap hakim MK yang menangani sidang perkara Pemilu 2024," ujarnya.

Baca Juga: Mahasiswi Penipu Tiket Konser Coldplay Meraup Rp1,2 Miliar Untuk 310 Tiket

Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya itu menambahkan Polri akan berkoordinasi dengan pengamanan internal MK saat proses pengamanan dilakukan.

"Polri juga bekerja sama dengan petugas yang berada di kantor MK tersebut," kata Trunoyudo.

Berdasarkan jadwal yang dibagikan di laman resmi MK, Rabu (27/3) akan digelar sidang pemeriksaan pendahuluan PHPU Pilpres 2024 yang terbagi dalam dua sesi.

Perkara satu, yaitu permohonan yang diajukan oleh paslon nomor urut satu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dengan nomor register 1/PHPU.PRES-XXII/2024, akan digelar pada pukul 08.00 WIB-selesai.

Baca Juga: Pikiran Rakyat Berkarya Selama 58 Tahun Menjadi Bagian Agen Perubahan Turut Serta Mencerdaskan Bangsa

Sedangkan perkara dua, yaitu permohonan yang diajukan oleh paslon nomor urut tiga Ganjar Pranowo dan Mahfud Md dengan nomor register 2/PHPU.PRES-XXII/2024, akan digelar pada pukul 13.00 WIB-selesai.

Setelah tahapan dinyatakan selesai akan lanjut ke tahapan pemeriksaan persidangan serta penyerahan jawaban termohon, keterangan pihak terkait, serta pemberi keterangan digelar pada Kamis,28 Maret 2024.*** 

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x