Diancam, Pesawat Maskapai Susi Air dilarang Membawa Penumpang Aparat TNI dan Polri

- 13 Maret 2021, 09:51 WIB
Susi Air
Susi Air /Humas TNI/

EDITORNEWS - Pesawat  PT. Asi Pudjiastuti Aviation (Pilatus PC-6 S1-9364 PK BVY) milik Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti di sandera kelompok separatis Papua di Lapangan Terbang Wangbe, Distrik Wangbe Kabupaten Puncak, Papua, hari Jumat,12 Maret 2021.

Kelompok Separatis Papua atau OPM, kali ini melakukan teror dengan menyandra pesawat dan pilot, serta tiga penumpang warga asli Papua adalah Ricky Dolame, Arikala Dolame dan Arike Wandikbo.

Pilot pesawat, Capt. Ian John Terrence Hellyer warga negara Selandia Baru mengungkapkan bahwa dirinya dan 3 penumpang warga Papua sempat disandera oleh sekitar 30 orang KSB selama 2 jam di Lapangan Terbang Wangbe, Kabupaten Puncak, sekitar pukul 06.20 WIT.

Baca Juga: Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka Melakukan Kunjungan ke Ponpes Darul Karomah

Baca Juga: Divonis 4 Tahun Penjara, Irjen Napoleon: Saya Lebih Baik Mati hingga Goyang TikTok Simak Faktanya

Masih menurut pilot, dua diantara puluhan KSB membawa senjata laras panjang. Beruntung selama disandera 2 jam, pilot dan 3 penumpang tidak mengalami tindak kekerasan, walaupun merasa khawatir akan keselamatannya, karena sempat ditodong senjata.

Dikatakannya, bahwa KSB sempat mengancam agar pesawat maskapai Susi Air dilarang membawa penumpang aparat TNI/Polri. Selain itu, KSB juga menyampaikan kekecewaannya dengan Kepala Kampung karena tidak memberikan dana desa.

Sampai saat ini belum ada konfirmasi resmi dari pihak Kepolisian. Sementara Kepala Penerangan (Kapen) Kogabwilhan III, Kolonel Czi IGN Suriastawa saat dikonfirmasi lewat telepon membenarkan kejadian tersebut. “Kami telah mendapat laporan informasi adanya penyanderaan pesawat selama 2 jam di Lapangan Terbang Wangbe, Kabupaten Puncak,” ucapnya.

Baca Juga: Mandi Bugil Bersama, 16 Orang Warga Pandeglang di Amankan Polisi

Baca Juga: Tingkatkan Pariwisata, Erick Thohir Sambut Kolaborasi 7 BUMN

Halaman:

Editor: Liston

Sumber: Humas TNI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x