Ini 5 Rekomendasi yang Diberikan PWI Pusat Untuk Kemajuan Kebudayaan Daerah dalam Perayaan HPN 2021

- 16 Januari 2021, 09:41 WIB
Ketua Pelaksana Anugerah Kebudayaan 2021 Yusuf Susilo Hartono
Ketua Pelaksana Anugerah Kebudayaan 2021 Yusuf Susilo Hartono /

EDITORNEWS - Perayaan Hari Pers Nasional HPN 2021 akan digelar masih dalam masa pandemi. Meski demikian, perayaan puncak HPN 2021 dalam pandemi ini tidak mengurangi makna dan nilai-nilai yang ada dalam perayaannya nanti.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan tahun ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan dan akan lebih banyak kegiatan lewat daring atau Zoom.

Bahkan, pemberian Anugerah Kebudayaan PWI 2021 nanti kemungkinan besar akan digelar secara daring di Jakarta. Siapa saja yang akan menerima dan apa saja kriteria daerah yang akan menerima anugerah ini.

Baca Juga: Mensos Tri Rismaharini Bersumpah Tak Pernah Punya Niat untuk Blusukan Sengaja Mencari Gelandang

Baca Juga: Brimob Polda Sulawesi Selatan Kerahkan Pasukan Bantu Proses Pemulihan Pasca Gempa Sulbar

Ketua Pelaksana Anugerah Kebudayaan 2021 Yusuf Susilo Hartono mengatakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat memberikan lima rekomendasi penting kepada para pemimpin daerah dan masyarakat agar berperan bagi kemajuan kebudayaan daerah dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional 2021.

"Tim juri memberikan lima rekomendasi kepada pemimpin daerah pada umumnya, dan pihak-pihak terkait, termasuk para milenial para pelaku seni budaya, dan para wartawan serta para pengelola media," kata Yusuf di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan rekomendasi yang pertama, yaitu masing-masing daerah (kabupaten/kota) perlu memiliki payung hukum formal yang memadai sebagai landasan formal gerak pemajuan kebudayaan berkelanjutan di tingkat lokal, sekaligus ujung tombak pemajuan kebudayaan nasional.

Kedua, dalam era kesejagatan nyata maupun maya, semua daerah harus memiliki strategi jitu dalam pewarisan dan pemasyarakatan aspek-aspek kebudayaan lokal kepada generasi milenial, agar kebudayaan lokal, sebagai bagian dari kebudayaan nasional di daerah, terus berkelanjutan.

Halaman:

Editor: Liston

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x