Menteri Pertahanan Italia Menuduh Grup Wagner Terkait Melonjaknya Kasus Imigran di Italia

- 14 Maret 2023, 23:09 WIB
Menteri Pertahanan Italia Guido Crosetto berbicara dalam konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri Inggris James Cleverly
Menteri Pertahanan Italia Guido Crosetto berbicara dalam konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri Inggris James Cleverly /

EDITORNEWS.ID – Pada Senin, 13 Maret 2023, pemerintah Italia melayangkan tuduhan kepada tentara bayaran Rusia Grup Wagner karena menjadi penyebab meningkatnya jumlah imigran yang menyebrangi Laut Mediterania.

Pemerintah Italia beranggapan meningkatnya migrasi tersebut sebagai balasan kepada negara-negara yang mendukung Ukraina.

"Saya pikir bisa dikatakan bahwa fenomena peningkatan cepat migrasi dari pesisir Afrika ini juga, meski tidak terlalu signifikan, merupakan strategi peperangan hibrida yang diterapkan Grup Wagner dengan memanfaatkan pengaruhnya yang cukup besar di beberapa negara Afrika," kata Menteri Pertahanan Guido Crosetto.

Berdasarkan informasi dari Kementerian Dalam Negeri Italia bahwa sekitar 20 ribu imigran telah menyebrang ke Italia sejak awal 2023, hal tersebut melonjak drastis dari yang awalnya hanya 6.100 orang yang menyebrang pada tahun 2022.

Baca Juga: UE Memperkenalkan Undang-Undang Agen Asing Sehingga LSM Ketakutan Terkait Kebijakan Brussels

Sementara itu, kepala Grup Wagner Yevgeny Prigozhin memberikan pernyataan pada media sosial Telegramnya membantah atas tuduhan yang dilayangkan pemerintah Italia dengan menyatakan ia tidak ada andil terhadap melonjaknya penyebrangan migran.

"Kami tidak tahu apa-apa tentang apa yang terjadi dalam krisis migran itu, kami tidak memedulikan itu," katanya dalam Telegram.

Prigozhin juga menyebut Crosetto dengan beberapa kata makian sebelum menyuruhnya untuk fokus menyelesaikan masalah dalam negerinya saja, berdasarkan pernyataannya tersebut.

Tentara bayaran Grup Wagner juga dituduh beroperasi di beberapa negara Afrika, seperti Libya, Mali, dan Republik Afrika Tengah. Selain itu, mereka juga ikut andil dalam bagian usaha Rusia merebut kota Bakhmut di timur Ukraina.

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x