China Mendesak Penyelidikan Asal-Usul Covid Di AS dan Kekhawatiran Atas Pangkalan Bio-Militernya

- 7 Maret 2023, 23:28 WIB
Cina Tolak Permintaan Bicara Melalui Telepon Antar Menhan dengan Amerika Serikat
Cina Tolak Permintaan Bicara Melalui Telepon Antar Menhan dengan Amerika Serikat /Maryai/Antara

EDITORNEWS.ID - Pada Selasa, 7 Maret 2023, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) harus meluncurkan penyelidikan baru tentang asal-usul Covid-19 di Amerika Serikat, kata China.

Menolak tuduhan dari Washington bahwa patogen mematikan tersebut sebagai kebocoran dari laboratorium virologi, meskipun dengan keamanan tinggi di Wuhan.

Ditanya tentang komentar baru-baru ini oleh kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus yang meminta China dan negara-negara lain untuk "transparan dalam berbagi data" mengenai asal-usul krisis kesehatan.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Mao Ning bersikeras bahwa pihak Beijing telah "berbagi lebih banyak data dan temuan penelitian daripada negara lain mana pun dan berkontribusi paling banyak pada pelacakan asal-usul virus tersebut."

Baca Juga: Jerman Berencana Melarang Huawei dan ZTE China dari Jaringan 5G

"Menelusuri asal-usul virus adalah masalah sains. Studi ini harus dan hanya dapat dilakukan bersama oleh para ilmuwan di seluruh dunia," kata Mao kepada wartawan pada hari Senin.

Menambahkan bahwa pemerintah AS hanya menghambat upaya tersebut dengan "mempolitisasi, mempersenjatai dan menginstrumentalisasi masalah ini."

Pernyataan Mao datang beberapa hari setelah Direktur FBI Christopher Wray mengklaim virus itu "kemungkinan besar" berasal dari kebocoran dari laboratorium China dalam komentar kepada Fox News, mengutip penilaian biro yang belum dipublikasikan.

Departemen Energi juga dilaporkan telah mengubah sikapnya tentang masalah ini dan baru-baru ini mendukung teori kebocoran laboratorium, meskipun hanya dengan "kepercayaan rendah."

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x