Data Resmi Menunjukkan Inflasi Jerman Membikin Harga Konsumen Naik 8,7 Persen

- 24 Februari 2023, 22:31 WIB
Tingkat inflasi Jerman naik 8,7 persen
Tingkat inflasi Jerman naik 8,7 persen /

EDITORNEWS.ID - Tingkat inflasi Jerman naik 8,7 persen pada tahun ini pada bulan Januari dan 1 persen pada bulan tersebut, Kantor Statistik Federal (Destatis) melaporkan pada hari Rabu, 22 Februari 2023.

Menurut data yang mengkonfirmasi hasil sementara harga konsumen yang diselaraskan untuk dibandingkan dengan negara-negara Uni Eropa lainnya melonjak 9,2 persen dari tahun ke tahun. Dibandingkan dengan Desember, harga naik 0,5 persen.

"Menyusul perlambatan pada akhir tahun lalu, tingkat inflasi dengan demikian tetap pada tingkat yang tinggi," kata Presiden Destatis Ruth Brand.

"Kami mengamati kenaikan harga untuk banyak barang dan pada tingkat yang meningkat juga untuk layanan. Konsumsi rumah tangga membayar harga yang lebih tinggi khususnya untuk energi dan makanan juga pada bulan Januari," tambahnya.

Baca Juga: Korea Utara Telah Menguji Coba Empat Rudal Jelajah Strategis Selama Latihan Yang Dirancang

Laporan tersebut menunjukkan bahwa harga produk energi pada Januari mencapai 23,1 persen lebih tinggi secara tahunan, meskipun ada langkah-langkah bantuan.

Kenaikan yang sangat besar kembali tercatat untuk harga energi rumah tangga yang naik 36,5 persen pada tahun ini, kata Destatis.

Harga makanan melonjak 20,2 persen pada Januari dari tahun lalu. "Tingkat kenaikan harga pangan dengan demikian lebih dari dua kali tingkat inflasi keseluruhan lagi," menurut laporan tersebut.

Harga layanan naik 4,5 persen pada Januari 2023 dibandingkan bulan yang sama tahun sebelumnya.

Kenaikan harga di atas rata-rata dicatat untuk pemeliharaan dan perbaikan tempat tinggal (+16.9 persen), dan layanan katering di restoran, kafe dan sejenisnya (+10.9 persen).***

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x