Kata Ahli Soal Ukur Berat Ideal lewat Pergelangan Tangan

- 22 Januari 2023, 08:45 WIB
Berdasarkan ukuran tangan yang dimiliki.
Berdasarkan ukuran tangan yang dimiliki. /Tekpolis

EDITORNEWS.ID - Sebuah video menampilkan cara mengukur badan ideal lewat pergelangan tangan viral di media sosial, Tik Tok. Video berdurasi 15 detik itu diunggah pada Rabu (18/1).

"Kenal size badan," tulis pengunggah.

Dalam videonya, pengunggah menunjukkan cara sederhana untuk mengetahui ukuran badan lewat lingkar lengan tangan. Caranya adalah dengan menggenggam pergelangan dengan jemari Anda.

Jika jari tengah bertemu dengan ujung jempol, artinya tubuh hampir ideal. Nah, jika jari manis rapat dengan ujung jempol, tandanya tubuh sudah ideal.

Namun, jika telunjuk rapat dengan ujung jempol, maka tubuh Anda termasuk sangat kurus. Sebaliknya, jika jari tengah tidak dapat menyentuh jempol, tandanya tubuh Anda sudah termasuk obesitas.

Baca Juga: Catat Tanggalnya, Film Dokumenter 'J-Hope in The Box' akan Segera Tayang di Channel Disney

Hingga Sabtu (21/1), video tersebut telah ditonton hingga 3,2 juta kali, dikomentari hingga 2.054 warganet, dan disukai hingga 60.600 akun. Lantas, apakah cara ini bisa menjadi acuan?

Dosen dan ahli gizi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM, Toto Sudargo mengatakan bahwa sejauh ini belum ada informasi terkait cara mengukur badan ideal lewat pergelangan tangan.

"Sampai hari ini saya belajar antropometri dengan berbagai alat ukur yang telah distandardisasi, dan telah diuji coba. Dan belum pernah mendapatkan info cara tersebut," katanya.

Menurutnya, secara teoritis terdapat empat cara untuk mengukur status gizi dan kesehatan seseorang. Keempat teori tersebut adalah Secara Klinis, Laboratoris, Antropometri, dan Survei konsumsi makan.

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x