Remaja Ini Alami Popcorn Lung akibat Bahan Kimia dari Vape

- 17 Januari 2023, 22:23 WIB
Ilustrasi pengguna rokok elektronik (vape).
Ilustrasi pengguna rokok elektronik (vape). /Pixabay/Lindsayfox/

EDITORNEWS.ID – Rokok eletrik atau lebih terkenal disebut vape, bukan ‘pilihan yang lebih sehat’ untuk merokok. Faktanya rokok elektrik alias vape nyatanya mendatangkan dampak berbahaya bagi kesehatan.

Sebuah penelitian di Kanada mengidentifikasi jenis baru cedera paru-paru. Cedera ini terkait kebiasaan vaping yang dialami oleh seorang remaja pria berusia 17 tahun.

Dalam Jurnal Asosiasi Medis Kanada (CMAJ), disebutkan pemuda tersebut mengalami bronkiolitis parah. Bisa pula disebut cedera paru-paru yang serius dan tidak dapat disembuhkan akibat paparan bahan kimia.

Remaja tersebut dilaporkan sebelumnya dalam kondisi sehat, lalu tiba-tiba dilarikan ke IGD suatu rumah sakit di Ontario karena mengalami batuk parah. Ia kemudian didiagnosis mengidap pneumonia dan diberi obat antibiotik.

Baca Juga: Pekerja Bangunan Tewas Mengenaskan di Mal Jakarta Pusat

Lima hari kemudian, kondisinya belum juga membaik dan justru mengalami perburukan gejala. Akhirnya remaja ini harus dirawat dan diberikan antibiotik intravena, bahkan sudah memakai ventilator mekanik, tapi masih belum juga membaik.

Sampai akhirnya, ia dipindahkan ke London Health Sciences Centre. Di sana ia harus memakai mesin oksigenasi membran ekstrakorporeal (ECMO), perawatan ekstrem yang mengambil alih kerja paru-paru.

Diketahui sang remaja merupakan pengguna vape nikotin beraroma dan THC (agen psikoaktif dalam ganja). Dokter mencurigai kondisi yang dialami ini terkait karena kebiasaan mengisap vape.

Dari hasil pemeriksaan X-Ray terlihat dampak yang ditimbulkan vape tersebut adalah gejala yang mirip dengan ‘popcorn lung’ yang terlihat pada paru-paru pekerja yang terpapar diacetyl, yakni bahan kimia yang memberikan rasa mentega pada popcorn microwave dan penyebab bronkiolitis. Berbagai penelitian juga menemukan diacetyl ini ada di dalam cairan vape.

Baca Juga: Satu Keluarga di Bekasi Tewas Keracunan, Polisi Masih Tunggu Hasil Forensik

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x