Kronologi Kerusuhan Morowali Versi Partai Buruh

- 16 Januari 2023, 19:00 WIB
Ilustrasi kerusuhan pekerja lokal dan China di Morowali Utara.
Ilustrasi kerusuhan pekerja lokal dan China di Morowali Utara. /Pixabay/Clker-Free-Vector-Images

EDITORNEWS.ID – Satu pekerja lokal dan satu pekerja asal China di PT Gunbuster Nickel Industri (GNI) tewas dalam kerusuhan di Morowali Utara, Sulawesi Tengah (Sulteng). Partai Buruh mencoba membeberkan kronologi peristiwa kerusuhan tersebut.

Presiden Partai Buruh Said Iqbal mengatakan, kerusuhan yang terjadi pada Sabtu (14/1) malam itu sebenarnya berakar dari sebuah insiden yang terjadi pada akhir 2022. Pada penghujung tahun itu, dua pekerja lokal meninggal dunia akibat kecelakaan kerja di pabrik PT GNI.

"Dua orang ini sedang bekerja di grain, lalu listrik mati, tungkunya meledak dan mereka tidak bisa melompat karena tinggi sekali," kata Said saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Buruh di Jakarta, Senin (16/1).

Atas kejadian tersebut, lanjut Said, pihak perusahaan memang sudah memberikan santunan kepada keluarga korban. Hanya saja, para buruh di pabrik itu 'merasa terancam' karena buruknya Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) yang diterapkan.

Baca Juga: Halal Bihalal Pomparan Manik Raja Se-Kota Jambi Berlangsung Meriah

Perasaan terancam itu ternyata dipendam oleh para pekerja. Hal tersebut disinyalir menjadi pemicu kerusuhan yang berbuntut tewasnya pekerja.

Belum tuntas soal keselamatan kerja, lanjut dia, para pekerja lokal lalu dikagetkan ketika PT GNI menaikkan upah mereka hanya sebesar Rp 75 ribu per bulan.

Para buruh lantas menggelar mediasi dengan manajemen PT GNI pada 14 Januari 2022. Perundingan itu disertai dengan aksi mogok kerja.

Mediasi tersebut, kata Said, berlangsung cukup alot. Bahkan, pihak manajemen perusahaan mengancam para pekerja.

Baca Juga: Kapolres Muaro Jambi Jumat Curhat, Banyak Menerima Keluhan Masyarakat Jalan Sekitar RSUD Digunakan Balap liar

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x