Google Meminta Keadilan Kepada Inggris Terkait Regulasi Antitrust Microsoft

- 1 Desember 2023, 18:02 WIB
Begini Cara Hapus Riwayat Internet di Google Dengan Mudah dan Praktis
Begini Cara Hapus Riwayat Internet di Google Dengan Mudah dan Praktis /*/mantrasukabumi.com

EDITORNEWS.ID - Dominasi pasar cloud yang dimiliki oleh Microsoft dan Amazon telah diawasi dengan ketat oleh berbagai pihak regulator di Inggris, Uni Eropa, dan Amerika Serikat.

Atas dominasi yang dimiliki oleh Microsoft, Google meminta regulator antitrust untuk mengambil langkah. Menurut mereka, praktik bisnis yang dilakukan oleh perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates ini, menyebabkan saingannya mengalami kerugian yang cukup besar, menurut sebuah surat yang dilihat oleh Reuters.

Competition and Markets Authority (CMA) telah melakukan penyelidikan terkait industri cloud pada bulan Oktober kemarin, menyusul rujukan dari regulator media Ofcom yang menyoroti dominasi Amazon dan Microsoft di pasar.

Di tahun 2022, Amazon Web Services (AWS) dan Microsoft Azure memiliki gabungan 70 hingga 80 persen pangsa pasar layanan cloud Inggris, dengan diikuti cloud Google yang memegang pangsa pasar yang cenderung rendah sebesar 5 hingga 10 persen saja.

Baca Juga: Penyesuaian Kecil pada Router Wifi dapat Meningkatkan Kualitas Sinyal bagi Perangkat Anda

Dalam sebuah surat yang ditujukan kepada CMA, Google mengatakan praktik monopoli lisensi yang dilakukan oleh Microsoft membuat konsumen enggan untuk menggunakan layanan dari penyedia lainnya.

"Dengan pembatasan lisensi Microsoft khususnya, pelanggan Inggris tidak memiliki alternatif yang masuk akal secara ekonomi selain menggunakan Azure sebagai penyedia layanan cloud mereka, bahkan jika mereka lebih suka harga, kualitas, keamanan, inovasi, dan fitur saingan," kata Google dalam surat yang ditujukan kepada CMA.

Praktik yang menimbulkan persaingan yang tidak sehat menimbulkan kerugian pada pelanggan, menurut perusahaan itu.

Meskipun tahun lalu Microsoft telah memperbarui kebijakan dan aturan lisensinya, sebagai solusi untuk mengatasi masalah persaingan dan mempromosikan saingannya, hal tersebut tetap saja tidak memuaskan.

Baca Juga: Apa itu Artificial Intelligence? Dasar-Dasar Teknologi Canggih yang Mengubah Dunia

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x