Penyesuaian Kecil pada Router Wifi dapat Meningkatkan Kualitas Sinyal bagi Perangkat Anda

- 29 November 2023, 05:36 WIB
Ilustrasi benda yang harus dijauhkan dari router WiFi.
Ilustrasi benda yang harus dijauhkan dari router WiFi. /PIXABAY/geralt

EDITORNEWS.ID - Pernahkan anda merasa kesal ketika streaming acara favorit, tetapi kualitas gambarnya buruk dan patah-patah? Atau, ketika sedang konferensi daring tetapi dengan koneksi yang buruk?

Seringkali layanan internet yang lambat bukanlah berasal dari provider penyedia layanan, melainkan dari banyaknya gawai yang terhubung pada wifi rumah anda.

Tetapi, ada satu penyesuaian pada router yang dapat merubah prioritas sinyal kepada satu atau beberapa gawai yang anda inginkan.

Penyesuaian ini sering disebut Quality of Service (QoS), ini adalah pengaturan yang memungkinkan pengguna untuk mengatur prioritas bandwidth internet sesuai dengan keinginan mereka.

Baca Juga: Apa itu Artificial Intelligence? Dasar-Dasar Teknologi Canggih yang Mengubah Dunia

Semisal, anda memiliki dua perangkat yang sedang daring, salah satunya televisi yang sedang anda tonton, dan satunya lagi adalah komputer. Anda dapat merubah prioritas bandwidth yang lebih besar kepada televisi untuk mendapatkan gambar yang lebih jernih dan mulus, hal ini bukan berarti komputer tidak bisa daring, melainkan hanya mengurangi jatah internet yang diberikan kepadanya.

Meskipun QoS dapat merubah prioritas bandwidth yang dibagikan, tetapi itu semua masih tergantung kepada kecepatan awal paket internet anda.

Lantas, bagaimana cara untuk mengatur QoS? Dalam kasus ini tergantung kepada merek dan jenis modem atau router yang anda gunakan di rumah anda. Silahkan anda lihat buku petunjuk atau langkah-langkah yang diberikan pada situs resmi router anda.

Jika sulit untuk belajar dari tulisan dan gambar saja, tanyakan kepada teknisi dan pelajari langkah-langkahnya.***

 

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x