Pakar Sebut PSI Masih Berpeluang Lolos Masuk Parlemen, Ini Alasannya

- 26 Februari 2024, 09:57 WIB
PSI yakin akan menyabet kursi DPR RI di Senayan, ternyata ini alasan kuatnya
PSI yakin akan menyabet kursi DPR RI di Senayan, ternyata ini alasan kuatnya /kaesangp/Instagram

EDITORNEWS.ID - Meskipun Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menurut Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) baru meraih 2,54 persen suara.

Namun, PSI masih berpeluang meraih 4 persen suara dan menembus ambang batas parlemen atau parliamentary threshold.

Peluang PSI untuk menembus ambang batas parlemen atau parliamentary threshold 4 persen masih terbuka lebar, dikatakan Direktur Eksekutif Data Riset Analitika Nana Kardina.

"Survei Data Riset Analitika pada 2-3 minggu menjelang pencoblosan mencatat elektabilitas PSI berada di atas ambang batas (parliamentary threshold) 4 persen," dikutip dari Antara.

Baca Juga: Di Pilgub DKI, Ahmad Sharoni Menantang Ridwan Kamil Sekalipun Kaesang Gue Kagak Takut

Nana mengatakan, hasil quick count dari sejumlah lembaga survei, menempatkan PSI pada kisaran 2,62-2,90 persen, atau mendekati 3 persen. Kemudian, dengan memperhitungkan margin of error di atas 1 persen, PSI masih memiliki peluang untuk meraih suara total 4 persen.

Hal yang sama juga disampaikan Peneliti Economics & Political Insight (EPI) Center Mursalin menjelaskan rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih berjalan dan masih ada peluang PSI mendapatkan tambahan suara.

Sebelumnya, survei yang dilakukan EPI Center pada 9 hingga 15 Januari 2024 atau sebulan sebelum pencoblosan memprediksi elektabilitas PSI mencapai 4,2 persen, dengan margin of error sekitar 2,89 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x