PSI Tak Lolos Ambang Batas, Kaesang: Legowo Banget Saya

- 21 Maret 2024, 23:25 WIB
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep saat keluar dari rumah Prabowo Subianto di kawasan Kartanegara, Jakarta Selatan, Rabu 20 Maret 2024./ANTARA/Walda Marison
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep saat keluar dari rumah Prabowo Subianto di kawasan Kartanegara, Jakarta Selatan, Rabu 20 Maret 2024./ANTARA/Walda Marison /

EDITORNEWS.ID - Mengetahui hasil keputusan KPU pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2024, putra Jokowi sekaligus Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep, mengaku tidak masalah partainya tidak lolos ambang batas parlemen.

Dia mengatakan, "Saya sebagai ketua umum ya nggak masalah, ini namanya politik," kata Kaesang dikutip dari Antara, Kamis, 21 Maret 2024.

 
Justru Kaesang Pangarep nyampaikan "Legowo banget saya," tambah Kaesang.
dalam politik, menang dan kalah merupakan hal yang biasa.
 
Bahkan dia ungkapkan, tidak masalah telah mengalami kekalahan walaupun partainya telah menggelontorkan anggaran.
 
 
"Ini proses kita, proses kita menjadi jauh lebih dewasa, supaya menjadi lebih baik, santai kok," kata Kaesang.
 
Terkait gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK), dia mengaku partainya bakal melihat terlebih dahulu situasi. Dia pun mempersilakan bila ada partai lain yang mengajukan gugatan ke MK, termasuk Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang sama-sama tidak lolos ke Senayan.

"Tapi ya masa mau menggugat 200 ribu suara itu dari mana, semua ada saksinya," kata Kaesang saat menjawab pertanyaan pewarta soal PPP yang mengajukan gugatan ke MK.

Walaupun gagal, dia menilai Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyelenggarakan Pemilu 2024 dengan baik. Jika pun ada kesalahan-kesalahan, menurutnya hal tersebut bersifat manusiawi.

Baca Juga: Daftar Artis yang Lolos ke Senayan Menurut Penetapan KPU 2024

Untuk diketahui, PSI pada Pemilu 2024 hanya meraup sebanyak 4.260.169 suara. Secara persentase, perolehan PSI tersebut hanya 2,81 persen dari total suara sah sehingga gagal mencapai ambang batas parlemen yang telah ditentukan yakni sebesar 4 persen.

Pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2024, PDI-P menjadi partai pemenang dengan meraup 25.387.279 suara atau 16,72 persen.***

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x