Prabowo Disindir Ganjar dan Anies Terkait Pembelian Pesawat Bekas Tanpa ada Perencanaan yang Matang

- 9 Januari 2024, 18:30 WIB
Capres nomor urut dua Prabowo Subianto (kiri) menyampaikan pendapat disaksikan capres nomor urut satu Anies Baswedan (kanan), dan capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo saat adu gagasan dalam debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu malam. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc
Capres nomor urut dua Prabowo Subianto (kiri) menyampaikan pendapat disaksikan capres nomor urut satu Anies Baswedan (kanan), dan capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo saat adu gagasan dalam debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu malam. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc /

EDITORNEWS.ID - Kementerian Pertahanan, yang berada di bawah koordinasi Prabowo Subianto, pernah membeli pesawat tempur jenis Mirage 2000-5 bekas dari Qatar.

Pembahasan terkait pembelian alutsista bekas tersebut disinggung pertama kali oleh Anies Baswedan, capres nomor urut 1, dalam penyampaian visi dan misinya.

Menurut Anies, tidak seharusnya Kementerian Pertahanan membeli alutsista bekas. Pembelian itu dianggap tidak seharusnya, karena berdasarkan data yang disampaikan Anies, terdapat lebih dari separuh tentara yang tidak memiliki rumah dinas.

Debat Capres 2024 putaran ketiga Minggu, 7 Januari 2024, Capres nomor urut 1 Anies Baswedan menyinggung soal pembelian pesawat bekas.

Baca Juga: Hasto Sampaikan Duka Mendalam soal Pengeroyokan Pendukung Ganjar-Mahfud dan Minta Aparat Usut Tuntas

Menurut Anies, tidak seharusnya Kementerian Pertahanan membeli alutsista bekas, sebab berdasarkan data yang disampaikan Anies, terdapat lebih dari separuh tentara yang tidak memiliki rumah dinas. Kementerian Pertahanan dianggap tidak tepat menggunakan anggaran negara.

Prabowo Subianto, capres yang diyakini sebagai perpanjangan penguasa dalam debat terbuka diminta menjelaskan penggunaan uang rakyat sebesar Rp12 triliun, namun tak bersedia menjelaskan dengan berkilah waktunya terbatas.

"700 triliun anggaran Kementerian Pertahanan tidak bisa mempertahankan itu. Justru, (dana itu) digunakan untuk membeli alat-alat alutsista yang bekas di saat tentara kita, lebih dari separuh, tidak memiliki rumah dinas," terang Anies dalam segmen pertama Debat Capres 2024 putaran ketiga.

Alutsista yang dimaksud Anies adalah pesawat tempur Mirage 2000-5, berjumlah 12 unit, dibeli dari Qatar. Pesawat ini buata Prancis. Pembelian itu dilakukan pada pertengahan 2023. 

Baca Juga: Prabowo Bangga atas Performa Gibran Beri Nilai 9,9 Dalam Debat Cawapres

 

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x