PDIP Terancam Berjuang Sendiri di Pilpres 2024, Begini Respon DPP

- 15 Agustus 2023, 21:07 WIB
PDI Perjuangan
PDI Perjuangan /editornews.id/

EDITORNEWS.ID - PDI Perjuangan memberi sinyal tak masalah apabila harus berjuang sendirian memenangkan Ganjar Pranowo pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal tersebut merespons peluang hengkangnya PPP apabila Ketua Bappilu yang juga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno tak dipilih sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) mendampingi Ganjar.

Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah mengatakan tak melarang dan tak masalah jika PPP memang ingin keluar. Dia menegaskan, kerja sama politik harus berdasarkan kesukarelaan.

"Monggo. Lagi-lagi kan bagi PDI Perjuangan, kerja sama politik itu dasarnya harus kesukarelaan. Harus kesukarelaan, tidak boleh ada paksaan, apalagi ada ancaman dan lain sebagainya," kata Basarah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 14 Agustus 2023.

Baca Juga: Prabowo Didukung Koalisi Raksasa, 265 Kekuatan Kursi

Dia mengatakan, suatu kerja sama tanpa didasari kesukarelaan hanya mempersulit perjalanan ke depan.

"Karena kalau sebuah kerja sama politik itu landasannya bukan kesukarelaan, ya tentu perjalanannya akan semakin sulit," ucapnya.

Oleh karena itu, PDIP menghormati keputusan Partai Golkar dan PAN yang kini memutuskan bergabung bersama Gerindra-PKB, dan ikut mengusung Prabowo Subianto sebagai capres.

Meskipun belakangan PDIP berkomunikasi cukup intensif dengan Golkar maupun PAN, menurutnya memang tidak ada jaminan penjajakan berhasil dibawa ke jenjang yang leih serius yaitu kerja sama politik.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x