BMKG Himbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem dan Curah Hujan Tinggi Hingga Pekan Depan

- 16 April 2024, 16:32 WIB
ilustrasi curah hujan tinggi
ilustrasi curah hujan tinggi /pexels

EDITORNEWS.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan terjadi cuaca ekstrem dengan curah hujan terjadi dalam sepekan kedepan.

Kondisi ini dipicu aktifnya beberapa fenomena dinamika atmosfer. Antara lain aktivitas gelombang atmosfer Rossby Ekuatorial.

Hal ini diingatkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Guswanto agar masyarakat luas lebih waspada.

Gelombang ini diprakirakan aktif di sebagian wilayah Sumatra bagian selatan, Jawa bagian tengah hingga timur, dan Bali.

Baca Juga: Urai Kemacetan saat Arus Balik Lebaran 2024, Polisi Lakukan Rekayasa Lalu Lintas di Jalan Tol

NTB, NTT, Kalimantan bagian tengah hingga utara, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua pun termasuk. Fenomena alam ini diperkirakan dapat meningkatkan potensi hujan di wilayah tersebut. Masyarakat pun diminta waspada.

Ditambahkan Guswanto, gelombang atmosfer Kelvin juga diprakirakan aktif di wilayah Sumatra dalam sepekan ke depan. Gelombang ini dapat memicu adanya potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut.

Sementara itu, sirkulasi siklonik terpantau berada di Laut Cina Selatan Utara Kalimantan dan Samudra Pasifik utara Papua. Sirkulasi-sirkulasi tersebut membentuk daerah konvergensi memanjang dari Kalimantan Tengah, hingga Kalimantan Barat.

Tidak sampai di situ, konvergensi terus memanjang ke laut Seram. Pun dari Papua Barat, hingga Papua Pegunungan, serta membentuk konfluensi Laut Sulu dan Laut Seram hingga Teluk Cendrawasih.

Baca Juga: Berikut 26 Ruas Jalan Diberlakukan Ganjil Genap Usai Libur Lebaran 2024 di Jakarta

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x