10 Bupati dan Walikota Akan Terima Anugerah Kebudayaan PWI Pusat 2021, Simak Siapa saja dan Penjelas

- 16 Januari 2021, 12:30 WIB
Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra saat melaksanakan presentasi final Anugrah Kebudayaan PWI Pusat secara virtual dari Graha Sewaka Dharma pada Kamis
Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra saat melaksanakan presentasi final Anugrah Kebudayaan PWI Pusat secara virtual dari Graha Sewaka Dharma pada Kamis /Dok Humas Pemkot Denpasar Bali

EDITORNEWS - Puncak pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 akan digelar di Jakarta dan dijadwalkan pada Selasa 09 Februari mendatang.

Pada perayaan HPN tahun ini nanti, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat telah menyiapakan anugerah kebudayaan. Anugerah Kebudayaan tersebut akan diberikan kepada kepala daerah yang dinilai berhasil dalam memajukan kebudayaan daerahnya.

PWI Pusat telah menetapkan 10 nama Bupati dan Wali Kota yang terpilih untuk meraih Anugerah Kebudayaan PWI Pusat 2021 tahun ini, dan akan diserahkan pada saat puncak Hari Pers Nasional 2021 nanti di Jakarta.

Baca Juga: Ukir Prestasi Membanggakan Tim Pencak Silat Binaan Kodim Sarko Boyong 22 Medali

Baca Juga: Jelang Perhelatan MotoGP, Sandiaga Uno Minta Perbanyak Event dan Kerajinan Tangan Khas Lombok

Dalam keterangannya, Ketua Tim Juri Anugerah Kebudayaan PWI Pusat Nungki Kusumastuti mengatakan Bupati dan Wali Kota terpilih, masing-masing memiliki strategi jitu dalam memajukan kebudayaan daerah-nya.

"Misalnya, dalam menghadapi gejala umum bahwa kaum milenial kurang menyukai kebudayaan daerah. Bagian pelik itu, kemudian dijawab oleh para Bupati dan  Wali Kota dengan strategi berbeda-beda, dalam mengolah kekuatan dan warisan kekayaan masa lalu dengan cara-cara masa kini, termasuk penggunaan teknologi dunia maya.

Dengan begitu, daerah tidak menerima pengaruh global begitu saja, tetapi turut mewarnainya," ujar Nungki di Jakarta, Jumat 15 Januari 2021.

Nungki bersama anggota juri yang lain, yakni wartawan senior Ninok Leksono, pengamat seni budaya atau penulis Agus Dermawan T, Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari, wartawan senior kebudayaan atau pelaku seni Yusuf Susilo Hartono, terlibat sejak dalam tahap awal kegiatan itu.

Mulai dari perencanaan hingga pembacaan dan penilaian berkas proposal dari berbagai daerah yang masuk ke panitia lebih dari 500 halaman, belum termasuk tautan yang ada, juga menyimak video yang disertakan berdurasi total ratusan menit, melakukan verifikasi, hingga wawancara langsung via daring dalam rentang waktu Oktober 2020 hingga Januari 2021.

Halaman:

Editor: Liston

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x