Arab Saudi Menangi Tawaran World Fair 2030, Mengalahkan Italia dan Korea selatan

- 30 November 2023, 13:02 WIB
Ilustrasi.  World Fair Trade
Ilustrasi. World Fair Trade /

EDITORNEWS.ID - Riyadh, Arab Saudi, mendapatkan hak untuk menjadi tuan rumah Expo 2030 World Fair, berdasarkan dari hasil pemungutan suara pada hari selasa, 28 November 2023. Setelah sebelumnya negara timur tengah telah mendapatkan kemenangan diplomatik lain di pesta Piala Dunia sepak bola di Qatar tahun lalu.

Busan di Korea Selatan dan Roma di Italia juga mencalonkan diri menjadi tuan rumah acara lima tahunan tersebut, ini menjadi kesempatan besar dimana jutaan pengunjung berdatangan dengan potensi investasi lebih dari miliaran dolar.

Hasil voting di Bureau International des Expositions (BIE) yang berbasis di Paris menunjukan bahwa, Riyadh menang telak dengan perolehan 119 suara, diikuti Busan dan Roma dengan jumlah suara berturut turut 29 dan 17. Arab membutuhkan dua dari tiga suara untuk memenangkan putaran pertama.

Italia larut dalam kekecewaan pahit yang harus ditelannya.

"Hasil besar untuk Saudi ini tidak terduga dalam proporsi itu," Giampiero Massolo, kepala tawaran Expo Italia, mengatakan kepada wartawan. "Ini bukan lagi tentang manfaat, tetapi tentang transaksi.”

Baca Juga: UNICEF: Gaza Merupakan Tempat Berbahaya untuk Menjadi Seorang Anak-anak

"Kemarin itu adalah kejuaraan sepak bola, besok akan menjadi Olimpiade," tambahnya.

Namun, Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol dengan legowo mengucapkan selamat kepada Arab atas kemenangan yang didapatkannya. Ia menyebut negara teluk itu sebagai mitra utama dan menambahkan bahwa, Korea Selatan dengan tangan terbuka akan berbagi sumber daya dan pengalaman untuk membantu Riyadh mengadakan acara yang sukses.

Riyadh telah meminta bintang besar sepak bola dunia Cristiano Ronaldo, yang sekarang bermain di Al-Nassr saudi, untuk meyakinkan anggota BIE dalam sebuah video yang diproyeksikan sebelum pemungutan dilakukan.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x