Gempa Berkekuatan Magnitudo 6,1 Mengguncang Hokkaido Jepang, Namun Tidak Berpotensi Tsunami

- 26 Februari 2023, 21:10 WIB
Gempa berkekuatan 6,1 skala Richter melanda Hokkaido di Jepang
Gempa berkekuatan 6,1 skala Richter melanda Hokkaido di Jepang /

EDITORNEWS.ID - Gempa berkekuatan 6,1 skala Richter melanda Hokkaido di Jepang utara pada Sabtu malam, 25 Februari 2023, kata Survei Geologi AS dan Badan Meteorologi Jepang.

Tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan setelah gempa lepas pantai yang mengguncang kota-kota pesisir Kushiro dan Nemuro.

Tidak ada laporan langsung tentang cedera atau kerusakan. Gempa itu terjadi pada pukul 22.27 waktu setempat di kedalaman sekitar 43 km, kata USGS.

Di dua kotamadya di Hokkaido, gempa terdaftar sebagai "5 lebih rendah" pada skala intensitas 7 titik Jepang yang mengukur gerakan darat.

Baca Juga: Belum Ada Benang Merah Di Forum G20 Setelah China Keberatan Atas Perang Ukraina

Itu biasanya tingkat di mana barang-barang jatuh dari rak dan furnitur yang tidak aman dapat bergerak, menurut Badan Meteorologi Jepang.

Seorang ahli yang berbicara di penyiar publik NHK memperingatkan warga untuk waspada terhadap gempa selama sekitar satu minggu.

Gempa bumi biasa terjadi di Jepang yang terletak di Cincin Api Pasifik, busur aktivitas seismik intens yang membentang melalui Asia Tenggara dan melintasi cekungan Pasifik.

Negara ini memiliki peraturan konstruksi yang ketat yang dimaksudkan untuk memastikan bangunan dapat menahan gempa bumi yang kuat dan secara rutin mengadakan latihan darurat untuk mempersiapkan goncangan besar.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x