Taiwan Melihat China Mengambil Pelajaran Dari Invasi Ukraina-Rusia Sebagai Bahan Evaluasi dan Kebijakan

- 25 Februari 2023, 22:06 WIB
Militer China belajar dari invasi Rusia ke Ukraina
Militer China belajar dari invasi Rusia ke Ukraina /

EDITORNEWS.ID - Militer China belajar dari invasi Rusia ke Ukraina bahwa setiap serangan terhadap Taiwan harus cepat berhasil, tetapi Selat Taiwan akan membuatnya menantang, kata menteri pertahanan pulau itu pada Jumat, 24 Februari 2023.

Kemungkinan dampak perang terhadap pemikiran militer China terhadap Taiwan dan bagaimana China dapat menyerang pulau itu.

Melihat Beijing sebagai wilayah China yang berdaulat telah diperdebatkan secara luas di kalangan resmi di Taipei.

Menteri Pertahanan Taiwan Chiu Kuo-cheng mengatakan militer China akan mengambil catatan dari invasi Rusia ke Ukraina yang dimulai satu tahun lalu dengan Rusia gagal merebut Kyiv pada hari-hari pembukaan perang.

"Perang Rusia-Ukraina telah membawa pelajaran besar bagi mereka karena mereka pasti akan mencari kecepatan," kata Chiu kepada wartawan di sela-sela parlemen di Taipei, merujuk pada militer China.

Baca Juga: Singapura Akan Mengakuisisi Delapan Jet Tempur F-35B Lagi, Menambah Armada Menjadi 12

Dia mengatakan bahkan jika pasukan China merencanakan serangan cepat, mereka akan menghadapi kesulitan mencoba merebut pulau itu secara tiba-tiba karena mereka harus menyeberangi Selat Taiwan yang memisahkan keduanya.

China tidak pernah meninggalkan penggunaan kekuatan untuk membawa Taiwan di bawah kendalinya dan terus melakukan patroli militer hampir setiap hari di dekat pulau itu.

"Saya sudah mengatakannya sebelumnya - segera setelah senjata berbunyi, kami akan terus pergi sampai akhir. Tapi, kami sama sekali tidak akan memprovokasi," jelasnya.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x