Mencegah Perang Dunia III, Zelenskyy Berencana Bertemu dengan Presiden China Xi Jinping

- 25 Februari 2023, 22:20 WIB
Zelenskyy juga mengatakan dia melakukan yang terbaik untuk mencegah pasokan senjata China ke Rusia
Zelenskyy juga mengatakan dia melakukan yang terbaik untuk mencegah pasokan senjata China ke Rusia /

EDITORNEWS.ID - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan pada Jumat, 24 Februari 2023, dia berencana untuk bertemu dengan mitra China Xi Jinping setelah Beijing menyerukan pembicaraan damai mendesak untuk mengakhiri perang di Ukraina.

Zelenskyy juga mengatakan dia melakukan yang terbaik untuk mencegah pasokan senjata China ke Rusia untuk menghindari risiko "Perang Dunia III."

"Saya berencana untuk bertemu dengan Xi Jinping," katanya kepada wartawan ketika Ukraina menandai peringatan satu tahun invasi Rusia. Dan "ini akan menjadi penting untuk keamanan dunia."

Zelenskyy tidak mengatakan kapan atau di mana dia berencana untuk bertemu Xi, tetapi menyatakan harapan bahwa China akan mendukung "perdamaian yang adil" dan Ukraina.

Baca Juga: Turki Telah Mulai Bekerja untuk Membangun Kembali Rumah-Rumah Setelah Gempa Bumi Dahsyat Bulan Ini

"Saya benar-benar ingin percaya bahwa China tidak akan memasok senjata ke Rusia. Ini sangat penting bagi saya," kata Zelenskyy.

Sebelumnya pada Jumat, China menyerukan pembicaraan damai yang mendesak karena merilis rencana untuk mengakhiri perang di Ukraina.

Tetapi, beberapa kekuatan Barat menolak proposal tersebut dan juga memperingatkan terhadap hubungan dekat Beijing dengan Moskow.

Zelensky juga mengatakan pada hari Jumat bahwa dia yakin bahwa hanya negara yang wilayahnya diserang yang dapat memulai "inisiatif perdamaian apa pun."

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah