WHO Berupaya Mengusut dan Mendorong untuk mendapatkan Jawaban Tentang Asal-Usul COVID-19

- 16 Februari 2023, 19:45 WIB
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan terus mendorong sampai menemukan jawaban tentang bagaimana pandemi COVID-19 dimulai
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan terus mendorong sampai menemukan jawaban tentang bagaimana pandemi COVID-19 dimulai /

EDITORNEWS.ID - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan terus mendorong sampai menemukan jawaban tentang bagaimana pandemi Covid-19 dimulai, ucap ketua badan tersebut pada Rabu, 15 Februari 2023.

Memecahkan misteri dari mana virus SARS CoV-2 berasal dan bagaimana virus itu mulai menyebar di antara manusia dianggap penting untuk mencegah pandemi di masa depan.

Namun, sebuah artikel di situs Nature hari Selasa mengatakan dihadapkan dengan kurangnya kerja sama dari China, di mana wabah dimulai pada akhir 2019, WHO telah menyerah pada pencarian.

"Kita harus terus mendorong sampai kita mendapatkan jawabannya," kata kepala agensi Tedros Adhanom Ghebreyesus kepada wartawan, merujuk pada pencarian asal-usul virus.

Baca Juga: Seif al-Adel, Mantan Perwira Pasukan Khusus Mesir dan Petinggi al Qaeda Jadi Buronan Senilai $10 juta

"Mengetahui bagaimana pandemi ini dimulai sangatlah penting dan sangat krusial untuk mencegah musibah di masa depan," katanya.

Dia mengatakan bahwa baru-baru ini ia mengirim surat kepada seorang pejabat tinggi di China "meminta kerja sama, karena kita membutuhkan kerja sama dan transparansi dalam informasi untuk mengetahui bagaimana virus dimulai".

Dua teori utama yang telah diperdebatkan dengan hangat berpusat pada virus yang secara alami tumpah dari kelelawar ke hewan perantara dan ke manusia atau melarikan diri karena kecelakaan laboratorium.

Laporan Nature menunjukkan bahwa WHO telah "diam-diam menunda fase kedua dari penyelidikan ilmiahnya yang sangat dinanti-nantikan tentang asal-usul pandemi Covid-19".

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x