4 Makanan Dan Minuman Yang Wajib Ada Saat Buka Puasa

- 8 Maret 2023, 17:14 WIB
Kurma Ajwa, salah satu makanan yang cocok untuk buka puasa
Kurma Ajwa, salah satu makanan yang cocok untuk buka puasa /


EDITORNEWS.ID - Puasa Ramadhan adalah kewajiban bagi semua umat Islam di dunia. Banyak umat muslim di seluruh dunia pun menyiapkan diri untuk menyambut bulan puasa yang hanya tinggal menghitung hari. Salah satunya dengan mengetahui daftar makanan dan minuman yang wajib ada dan baik saat berbuka puasa.

Sebab, selama berpuasa, tubuh akan menggunakan karbohidrat yang disimpan di hati, otot dan lemak untuk menyediakan energi tambahan. Untuk itu, berikut adalah makanan dan yang harus ada kala berbuka puasa di bulan ramadhan, yaitu:

1. Kurma

Usahakan bila makan yang pertama adalah makanan ringan, yaitu buah Kurma. Kurma sendiri adalah menu berbuka puasa favorit Nabi Muhammad SAW. Kurma memiliki kandungan gula alami yang baik untuk menambah energi, serta juga mengandung mineral seperti kalium, tembaga, dan sumber serat.

2. Telur

Kandungan Asam amino dan protein yang terdapat pada telur, tentunya akan dapat memperbaiki sel otot yang rusak setelah seharian beraktivitas tanpa terhidrasi. Akan tetapi, sebaiknya tidak mengolah telur menjadi hidangan yang mengandung banyak garam atau pedas. Agar nantinya tubuh Anda tidak kehilangan lebih banyak cairan lagi.

Baca Juga: Malam Nisfu Syaban 2023: Jadwal dan 7 Amalan Lengkap dengan Keutamaannya

3. Es Buah

Selanjutnya adalah Es buah yang merupakan menu minuman favorit pada saat berbuka puasa. Pasalnya, manisnya sirup dan dinginnya es, selalu berhasil menyegarkan dahaga pada saat seharian menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Akan tetapi, tidak dianjurkan pada saat berbuka puasa langsung mengkonsumsi es buah. Sebaiknya, Anda mengkonsumsi es buah setelah meminum air putih ataupun teh hangat.

4. Kolak

Memiliki rasa yang manis membuat kolak banyak diminati oleh berbagai kalangan pada saat berbuka puasa, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kolak termasuk menu yang bisa menyehatkan tubuh, karena mengandung banyak buah-buahan seperti pisang, labu, serta ubi yang kaya akan vitamin dan serat.*

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x