Kepribadian Introvert Ternyata Ada Empat Jenis, Kenali Apa Saja Jenisnya

- 12 Februari 2023, 08:40 WIB
Introvert
Introvert /

EDITORNEWS.ID - Introvert merupakan tipe kepribadian dimana seseorang lebih suka mengisi energinya dengan cara menyendiri. Biasanya tipe kerpribadian introvert lebih senang berada di lingkungan yang tidak terlalu ramai dan hanya berteman dengan beberapa orang saja. Ternyata, kepribadian introvert sendiri terbagi menjadi empat jenis.

Empat Jenis Kepribadian Introvert

1. Sosial Introvert
Sosial introvert adalah orang-orang introvert yang paling tidak terlihat seperti orang introvert. Hal ini dikarenakan dia cenderung sangat suka bersosialisasi dan berinteraksi namun hanya di circle terdekatnya saja. Namun, sosial introvert tidak menyukai acara-acara yang ramah dan melibatkan banyak orang, dan berisik. Biasanya jenis introvert yang satu ini lebih suka berinteraksi dalam kelompok kecil saja.

 

2. Thinking Introvert
Jenis kepribadian introvert yang satu ini adalah tipe introvert yang suka berpikir, introspeksi, dan menganalisa hal-hal yang ada disekitarnya. Introvert ini bisa berada di tempat yang ramai namun dia hanya akan terdiam, menganalisa sekitar, dan tidak akan berbicara. Mereka biasanya lebih suka menghabiskan waktu lebih banyak dengan pemikiran mereka sendiri.

3. Anxious Introvert
Anxious introvert ini adalah jenis introvert yang lebih mudah cemas. Ini adalah tipe-tipe introvert yang setelah berinteraksi sosial akan berpikir tentang hal-hal yang sudah dia katakan kepada orang lain. Dia akan berpikir apakah dirinya salah berbicara atau salah berbuat sesuatu terhadap orang lain, atau bahkan dia memilikirkan apakah dia terlalu banyak berbicara kepada lawan bicaranya. Biasanya pikiran-pikiran seperti inilah yang membuat kecemasan mereka meningkat.

Baca Juga: Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Kompak Hadiri Puncak Harlah NU 1 Abad di Jatim

4. Restrained introvert
Restrained introvert adalah orang-orang introvert yang cenderung sangat tertutup dan sangat misterius. Biasanya orang dengan jenis introvert seperti ini tidak mudah untuk didekati. Introvert ini cenderung lama dalam mengambil sebuah keputusan dan sebelum melakukan sesuatu. Dapat disimpulkan bahwa restrained introvert akan menghabiskan banyak waktu sebelum mereka mengambil keputusan.

Tipe kepribadian introvert ini biasanya memiliki beberapa ciri-ciri. Mereka membutuhkan ketenangan untuk bisa berkonsentrasi penuh, lebih sering berhati-hati dalam mengambil keputusan, kurang suka berinteraksi dengan banyak orang, dan lebih merasa nyaman menghabiskan waktu sendirian.***

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x