Hari Raya Imlek Jatuh Pada Hari Ini, Pastikan Tidak Melewatkan Hal Ini

- 22 Januari 2023, 09:07 WIB
Warna merah di tahun baru imlek
Warna merah di tahun baru imlek /

EDITORNEWS.ID - Mengapa Tahun Baru Imlek Identik dengan Warna Merah? Berikut Penjelasannya!

Pasti kamu pernah bertanya-tanya mengapa Tahun Baru Imlek Identik dengan warna merah. Di setiap tradisi punya alasannya tersendiri mengapa memilih warna tersebut.

Di tahun 2023 umat Tionghoa akan merayakan imlek pada hari Minggu 22 Januari. Berikut penjelasannya mengapa Tahun baru Imlek Identik dengan warna merah.

Dari cerita mitologi yang dipercayai oleh masyarakat Tionghoa, ada cerita yang menyebut warna merah bermula dari makhluk bernama Nian. 

Nian adalah binatang buas yang meneror penduduk desa pada Tahun Baru Imlek dengan memakan tanaman, ternak bahkan anak-anak. Namun demikian penduduk desa tahu bahwa makhluk yang berwujud setengah banteng berkepala singa itu takut dengan api, kebisingan dan warna merah.

Baca Juga: Hari Raya Imlek Jatuh Pada Hari Ini, Pastikan Tidak Melewatkan Hal Ini

Kemudian legendanya penduduk desa mampu mengalahkan sosok Nian. Kemudian warna merah dianggap membawa keberuntungan dan banyak rezeki karena memiliki arti suka cita setelah mengalahkan Nian.

Bagi masyarakat etnis Tionghoa, warna merah yang memiliki arti ambisi dan kegembiraan menjadi simbol keberuntungan dan kemakmuran. Warna merah juga diyakini dapat membawa keberuntungan dan kemakmuran.

Itulah mengapa di setiap perayaan Tahun Baru Imlek kamu akan melihat banyak pernak-pernik, dekorasi hiasan rumah hingga angpao yang dominan dengan warna ini.

Menurut Feng Shui ada 4 warna keberuntungan di Tahun Baru Imlek 2023 yaitu, hijau yang melambangkan kemakmuran dan kehidupan yang baru, pink melambangkan persahabatan, kedamaian batin dan cinta kasih sayang, biru melambangkan harapan dan kesehatan yang baik dan terakhir warna dipercaya dapat meningkatkan kekayaan dan kelimpahan.

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x