Malam Nisfu Syaban 2023: Jadwal dan 7 Amalan Lengkap dengan Keutamaannya

- 6 Maret 2023, 22:18 WIB
 ilustrasi malam Nisfu Sya'ban
ilustrasi malam Nisfu Sya'ban /

EDITORNEWS.ID - Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU) menetapkan Nisfu Sya’ban (15 Sya’ban) pada hari Rabu, 8 Maret 2023 atau persisnya mulai Selasa petang sebelumnya. Dengan demikian, malam Nisfu Sya’ban 1444 H jatuh pada Selasa malam, 7 Maret 2023.

Malam Nisfu Sya’ban merupakan malam yang penuh kemuliaan, sebab malam ini menjadi gerbang penghapusan dosa-dosa bagi mereka yang memohon ampunan kepada Allah SWT. Pun membukakan pintu rahmat apabila kita meminta karunia-Nya.

Hadis riwayat Abu Hurairah RA, dikutip dari Nahdlatul Ulama (NU) menyatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut.

"Apabila tiba malam Nisfu Sya’ban, maka malaikat berseru menyampaikan dari Allah: adakah orang yang memohon ampun maka aku ampuni, adakah orang yang meminta sesuatu maka aku berikan permintaannya,” hadis ini tertuang dalam HR Al-Baihaqi dalam Syu’ab al-Iman.

Baca Juga: Trending YouTube, Lagu Religi 'Rahmatun Lil’Alameen' Miliki Makna Ungkapan Cinta Kepada Nabi Muhammad SAW

Anjuran melaksanakan dan mendirikan salat malam pun disunahkan pada malam ini. Mereka yang menengadahkan kepala dan mengangkat kedua tangan untuk berdoa pasti dikabulkan asalkan tidak menyekutukan Allah dan menjaga muamalah dengan sesama manusia.

"Jibril telah datang kepadaku pada saat malam Nisfu Sya'ban lalu Ia berkata, 'Wahai Muhammad, pada malam ini dibuka pintu-pintu langit dan pintu-pintu rahmat. Oleh karena itu, bangunlah dan dirikanlah salat, serta angkatlah kepala dan kedua tanganmu ke langit (berdoa)',"

"Kemudian Nabi bertanya, 'Apakah arti malam ini?' Jibril pun menjawab, 'Malam ini telah dibukakan 300 pintu rahmat dan pintu ampunan. Allah SWT mengampuni dosa sekalian orang yang tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu. Kecuali seorang ahli sihir, tukang ramal, orang yang suka bermusuhan, orang yang suka mengadu domba, pemabuk, orang yang durhaka pada kedua orang tuanya, dan orang yang memutuskan silaturahim. Mereka tidak akan diampuni Allah'".

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x