Menjelang Rapat Penetapan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 2023

- 15 Februari 2023, 18:27 WIB
Biaya perjalanan ibadah haji resmi disahkan sebesar Rp 50 juta per jemaah usai pembahasan sekitar dua pekan lamanya. Semula Kemenag mengusulkan biaya perjalanan ibadah haji dipatok Rp 69 juta per jemaah.
Biaya perjalanan ibadah haji resmi disahkan sebesar Rp 50 juta per jemaah usai pembahasan sekitar dua pekan lamanya. Semula Kemenag mengusulkan biaya perjalanan ibadah haji dipatok Rp 69 juta per jemaah. /

EDITORNEWS.ID - Biaya ibadah haji tahun ini masih jadi perdebatan hangat. Komisi VIII DPR dan Kementerian Agama (Kemenag) masih terus menghitung Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2023.

Keputusan untuk menentukan biaya haji sudah direncanakan sejak Selasa (14/2) kemarin, namun masih belum memberikan kejelasan. Sampai saat ini Komisi VIII DPR RI dan Kementerian Agama (Kemenag) masih belum juga menyelenggarakan rapat mengenai pembahasan komponen biaya untuk ibadah haji tahun ini.

Biaya haji yang diputuskan sebelumnya masih sangatlah tinggi yakni 69 juta. Pemerintah negara Indonesia haruslah bisa bernegosiasi dengan Saudi mengenai akomodasi, perhotelan dan konsumsi bagi jamaah haji.

Begitu alasan dari DPR RI VIII. Marwan Dasopang selaku Wakil Ketua Komisi VIII DPR mengungkapkan bahwa biaya akomodasi, konsumsi, perhotelan dan masyair haruslah bisa ditekan lagi.

Baca Juga: Dennis Lim, Mantan Bandar Judi Yang Tobat Ibaratkan Nikah Seperti Naik Angkot

Biaya yang menjadi usulan dari pemerintah sebelumnya mencapai angka 69 juta haruslah bisa dipangkas. Usulan ini juga menjadi perhatian masyarakat karena dianggap tepat. Maka dari itu DPR komisi VIII mengusulkan agar pengumuman biaya haji 2023 ditunda menjadi hari Rabu 15 Februari 2023.

DPR meminta agar pemerintah melakukan lagi rapat putusan, agar bisa menekan biaya menjadi dibawah 50 juta. Bukan tidak mungkin karena menurut komisi VIII DPR biaya konsumsi dan perhotelan bisa menjadi tanggung jawab saudi. Maka dari itu jemaah haji haruslah mendapat keringanan.

Meski banyak yang berkomentar bahwa kenaikan harga haji 2023 sangat tinggi. Namun ada juga yang memiliki pendapat bahwa biaya haji yang diputuskan sudah normal dan tidak terlalu mahal. Ini menjadikan pemerintah banyak melakukan pertimbangan mengenai angka yang harus diputuskan.

“Menunggu panja pemerintah, Pak Dirjen Haji, yang masih mengihitung perhitungan efisiensi yang kami minta,” jelas Ace Hasan Syadily dari Komisi VIII DPR pada wartawan, Rabu (15/2).

Pemerintah memutuskan untuk memulai rapat kembali mengenai biaya haji 2023. Rapat yang akan digelar ini sebenarnya sudah mengantongi angka putusan biaya haji yang akan diumumkan pada hari ini. Apakah benar angka yang diumumkan akan jauh lebih menurun dari angka sebelumnya atau hanya mengurangi sedikit saja?***

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x