Wilayah Indonesia Sering Dilanda Hujan, Umat Muslim Dianjurkan Lakukan Hal Ini

- 24 Februari 2023, 20:08 WIB
ilustrasi, Banjir di Masjid Agung Banten / tangkapan Layar Video Amatir
ilustrasi, Banjir di Masjid Agung Banten / tangkapan Layar Video Amatir /

EDITORNEWS.ID - Sejumlah wilayah diguyur hujan dengan intensitas ringan sampai dengan tinggi pada hari ini. Beberapa wilayah bahkan ada yang sudah mulai hujan dari sebelum waktu subuh. Wilayah Indonesia nampaknya memang sedang memasuki puncak musim penghujan.

Bada Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut bahwa cuaca ekstrim akan terjadi di beberapa wilayah. Hal ini diakibatkan karena adanya aktivitas Monsoon Asia. Hal ini juga terjadi karena kondisi atmosfer yang memberikan pengaruh besar pada pembentukan awan hujan.

Bagi umat muslim, hujan merupakan suatu bentuk keberkahan yang diberikan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala. Hal ini dijelaskan di dalam Al-Qur'an, tepatnya pada ayat berikut.

"Dan Kami turunkan dari kan air yang penuh keberkahan lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketam." (Q.S. Qaaf (50): 9).

Baca Juga: Simak! Berikut Jumlah Sebaran Kuota Jemaah Haji Indonesia Tahun 2023 di Masing-Masing Daerah

Pada ayat tersebut, air dari langit yang dimaksud bisa dimaknai sebagai air hujan. Allah Subhanahu wa Ta'ala menurunkan hujan sebagai bentuk rahmat-Nya dan untuk memenuhi kebutuhan semua makhluk-Nya.

Turunnya hujan juga merupakan salah satu cara Allah Subhanahu wa Ta'ala menunjukkan kebesaran-Nya pada umat manusia. Hujan juga bisa dimaknai sebagai pengingat, dimana umat manusia haruslah meyakini bahwa segala sesuatu yang terjadi di alam dunia hanyalah atas kehendak Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Ketika turun hujan, ada beberapa hal yang dianjurkan untuk dilakukan bagi umat muslim. Beberapa dari hal tersebut bahkan termasuk Sunnah yang sangat baik untuk diamalkan. Beberapa hal itu antara lain sebagai berikut.

1. Mengucap Syukur

Diwajibkan bagi seorang muslim untuk mensyukuri segala bentuk nikmat dari Allah Subhanahu wa Ta'ala, tidak terkecuali hujan. Rasa syukur atas turunnya hujan dapat dilakukan dengan membaca doa:

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x