Exit Tol di Tempino Butuh Pembebasan Lahan 65 Hektar, Rumah Warga Hingga Pemakaman Masih Jadi Kendala

- 24 Juli 2023, 20:13 WIB
Rapat pembangunan tol oleh Pemprov Jambi
Rapat pembangunan tol oleh Pemprov Jambi /editornews.id/

EDITORNEWS.ID - Kementerian PUPR mengusulkan pembebasan lahan sekitar 65 hektar untuk Exit tol di Tempino pada jalan tol Bayung Lencir - Tempino Jambi.

Maka dari itu, Kementerian PUPR meminta Pemerintah Provinsi atau Pemprov Jambi melakukan penentuan lokasi (penlok) untuk Exit tol di Tempino Jambi.

Kasatker Pembangunan Jalan Bebas Hambatan Provinsi Jambi Benny mengatakan pada Mei 2023 lalu Kementrian PUPR sudah bersurat ke Pemprov Jambi tentang permohonan penambahan Penlok.

Sebab, Exit tol di Tempino Jambi membutuhkan bantuan Gubernur Jambi.

Baca Juga: 3 Truk Fuso dan 2 Motor Tabrakan Beruntun, Satu Orang Jadi Korban

"Waktu itu kami diusulkan seluas 65 hektare tambahan lahan," ujarnya.

Sementara itu, hingga saat ini terdapat empat bidang lahan fasilitas umum (Fasum) yang dilintasi Jalan Tol Bayung Lincir-Tempino seksi 3 hingga saat ini belum dibebaskan.

Adapun, Fasum yang belum dibebaskan akan dilintasi Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino Jambi ini seperti lahan Bapak Supriyadi dan pemakaman akan terkena di badan jalan. Sehingga, mau tidak mau harus menunggu pembebasan lahannya.

Sementara sekolah MIN secara engineering bisa dihindari dengan membuat dinding penahan tanah. Akan tetapi, sempat dikhawatirkan kalau itu posisinya dekat dengan jalan tol bagaimana kerawanannya, itu bisa dilakukan kalau waktunya tidak mencukupi untuk pembebasan sekolah MIN.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x